Cuaca ekstrem, BPBD Lotim imbau masyarakat siaga hadapi bencana - OPSINTB.com | News References -->

05/12/21

Cuaca ekstrem, BPBD Lotim imbau masyarakat siaga hadapi bencana

Cuaca ekstrem, BPBD Lotim imbau masyarakat siaga hadapi bencana

 
Cuaca ekstrem, BPBD Lotim imbau masyarakat siaga hadapi bencana

OPSINTB.com - Masyarakat Lombok Timur (Lotim) kembali diimbau untuk lebih mewaspadai lingkungan di sekitarnya, baik yang bermukim di daerah pesisir maupun perbukitan. Kewaspadaan itu penting, menyusul berbagai kasus bencana alam seringkali tidak disadari munculnya.

"Hujan dan angin dengan cuaca ekstrem yang belakangan terjadi harus diwaspadai masyarakat. Jangan dianggap remeh, sebab bisa jadi hujan rintik di bagian hilir sesungguhnya pertanda hujan besar di bagian hulu. Dan hal ini dapat menimbulkan banjir," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim, Iwan Setiawan, Minggu (5/12/2021).

Iwan mengimbau masyarakat yang bermukim di pesisir pantai agar lebih mewaspadai perubahan gelombang. "Kewaspadaan terhadap gelombang pasang yang bisa saja terjadi sesungguhnya merupakan langkah awal penyelamatan secara dini," ujarnya. 

Demikian halnya dengan masyarakat yang bermukim di sepanjang daerah aliran sungai. Melihat intensitas hujan yang turun belakangan ini dapat membuat air sungai meluap.

Dikatakan, pun bagi penduduk yang bermukim di daerah perbukitan/pegunungan agar senantiasa mewaspadai pergerakan tanah tempat bangunannya berdiri. 

"Tentu saja tidak hanya warga di desa yang harus waspada, tetapi penduduk di daerah perkotaan juga harus mewaspadai pohon tumbang dan lainnya. Kalau sejak awal kita lebih mewaspadai perubahan cuaca, maka Insya Allah korban akibat bencana bisa ditekan, walaupun memang tidak kita harapkan," katanya.

Pemkab Lotim sendiri telah menyiapkan dana tanggap bencana terhadap berbagai kemungkinan bencana alam yang timbul. "Personel BPBD, berikut taruna siaga bencana (Tagana), TNI dan Polri serta semua elemen akan terus berkolaborasi untuk pencegahan dan penanggulangan bencana," pungkas Iwan. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama