Banyak temuan, puluhan calon siap ganti e-Warong nakal di Lotim - OPSINTB.com | News References -->

27/07/21

Banyak temuan, puluhan calon siap ganti e-Warong nakal di Lotim

Banyak temuan, puluhan calon siap ganti e-Warong nakal di Lotim

 
Banyak temuan, puluhan calon siap ganti e-Warong nakal di Lotim

OPSINTB.com - Pemda Lombok Timur melaksanakan presentasi hasil verifikasi dan validasi data e-Warong, Selasa (27/7/2021) di Rupatama 1 Kantor Bupati setempat.

Hadir Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy, Pimpinan Cabang BRI Selong, Pimpinan Cabang Bulog Lombok Timur, dan Kepala Dinas Sosial.

Pada kesempatan itu dipaparkan berbagai temuan. Di antaranya, dari 411 e-Warong yang ada di Lombok Timur, tak kurang dari 50 e-Warong dinilai tidak sesuai dengan pedoman umum (Pedum) yang telah ditetapkan.

Karena itu Bupati meminta agar Pimpinan Cabang BRI Selong segera menangani berbagai temua yang dipaparkan. Hal itu harus dilakukan demi pelayanan terbaik kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Pilihan yang dapat diambil adalah melakukan pembinaan intensif kepada e-Warong agar sesuai dengan Pedum. Pilihan lainnya adalah mengganti e-Warong yang sama sekali tidak memiliki kesesuaian dengan Pedum," kata Bupati. 

Dia juga meminta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang telah difasilitasi Pemda dapat bergerak aktif melaporkan setiap penyimpangan yang ada di lapangan.

Berdasarkan hasil verifikasi dan validitas yang disampaikan kedua tim, termasuk dari Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) NTB, sedikitnya ada 12 poin yang dicatat untuk mendapat pembinaan dan perbaikan. 

Poin tersebut di antaranya tidak tersedianya daftar harga, adanya pengumpulan Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS) oleh e-Warong, tidak adanya laporan, transaksi dilakukan sampai di luar wilayah, serta terlalu banyak KPM yang dilayani (lebih dari 300 KPM), mengurangi hak KPM, bahkan e-Warong yang merupakan keluarga PNS, perangkat Desa, hingga Anggota Polri.

Pimpinan Cabang BRI Selong, Aroef Sarifudin berjanji akan melakukan pembinaan terhadap e-Warong yang keluar dari Pedum, bahkan mencabut statusnya. Mengingat pihaknya telah memberikan peringatan, utamanya untuk e-Warong yang mengumpulkan KKS KPM. 

"Saat ini sudah tersedia 76 calon pengganti e-Warong yang sudah disetujui dan 19 yang tengah dalam pengajuan. Selain mengganti e-Warong yang bermasalah, jumlah tersebut juga untuk menambah kekurangan di sejumlah titik," pungkas Aroef. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama