Persiapan Pemkab Lotim Menuju Fase New Normal Covid-19 - OPSINTB.com | News References -->

Jumat, 05 Juni 2020

Persiapan Pemkab Lotim Menuju Fase New Normal Covid-19

Persiapan Pemkab Lotim Menuju Fase New Normal Covid-19

Persiapan Pemkab Lotim Menuju Fase New Normal Covid-19

OPSINTB.com - Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur melalui Gugus Tugas, dalam rangka percepatan penanganan covid-19. Dan upaya tersebut menunjukkan hasil cukup memuaskan. Itu ditunjukkan dengan jumlah pasien positif covid-19 yang beriringan denga jumlah pasien sembuh.

Data Gugus Tugas Covid-19 Lombok Timur, Jumat 5/6/2020, total positif covid-19 di Lombok Timur sebanyak 86 orang, dengan rincian sembuh 38, masih positif 46 dan meninggal 2 orang.

Dan kini, Pemkab Lombok Timur sedang melakukan persiapan menuju fase new normal covid-19.

Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Lombok Timur, HM Juaini Taofik pada acara Konfrensi Pers di Bale Wartawan Lombok Timur, Jumat pagi mengatakan, saat ini Lombok Timur menuju wilayah hijau dan siap-siap menuju kenormalan baru.

Berbagai upaya untuk mencegah penyebaran covid-19 pun dilakukan, salah satunya dengan melakukan isolasi mandiri bagi warga masyarakat yang masuk kategori ODP atau PDP. Terkait isolasi mandiri, lanjutnya, Bupati Sukiman Azmy sudah mengeluarkan Perbup.

"Ini juga sebagai salah satu langkah kita untuk mempersiapakan new normal. Selain efektif, isolasi mandiri juga bisa menghemat anggaran penanganan covid-19," pungkasnya.

Tetapi sebenarnya, kata dia, tidak ada persiapan spesial yang dilakukan Pemkab Lombok Timur menuju fase new normal covid-19. Beberapa langkah pencegahan covid-19 yang telah diterapkan Gugus Tugas sebelumnya, masih diterapkan hingga saat ini.

"Sebenarnya tidak ada hal spesial yang kita persiapkan menuju new normal," imbuh Juaini yang juga selaku Sekretaris Pemkab Lombok Timur itu.

Bahkan, lanjutnya, Rapid Test Berbasis Pasar, Berbasis ASN dan Rapid Test Berbasis Masjid yang telah ditempuh jauh-jauh hari dianggapnya merupakan salah satu langkah efektif menuju new normal.

Meski demikian, dia berharap agar new normal bisa segera diterapkan di Lombok Timur. Agar semua masyarakat bisa beraktivitas seperti biasanya. Sehingga roda perekonomian bisa berjalan normal. Lebih penting lagi, covid-19 bisa segera berlalu.

"Sampai saat ini Lombok Timur masih belum mendapat rekomendasi untuk menerapkan new normal. Di NTB baru Kabupaten Dompu dan Bima yang sudah laksanakan new normal," pungkas Juaini. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama