Sensus Penduduk 2020, BPS Lotim Akan Gunakan Metode Kombinasi dan Online - OPSINTB.com | News References -->

Rabu, 15 Januari 2020

Sensus Penduduk 2020, BPS Lotim Akan Gunakan Metode Kombinasi dan Online

Sensus Penduduk 2020, BPS Lotim Akan Gunakan Metode Kombinasi dan Online

Kepala bps lombok timur, saphoan

OPSINTB.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Lombok Timur segera melakukan sensus penduduk. Saat ini BPS Sedang lakukan sosialisasi dan koordinasi tentang pelaksanaannya.

Kepala BPS Lombok Timur, Saphoan mengatakan, metode sensus tahun ini berbeda dengan metode sebelumnya. Dimana pada tahun-tahun sebelumnya sensus dilakukan dengan metode manual atau door to door.

Sementara tahun ini dilakukan dengan metode kombinasi, yakni mengunakan data Dukcapil. Artinya, data kombinasi adalah mereka yang sudah terekam di Dukcapil. Dari data Dukcapil akan menjadi rujukan petugas dalam melakukan pendataan. Namun door to door tetap dilakukan, hanya saja petugas nantinya mempunyai rilis nama yang jelas dari Dukcapil saat melakukan pendataan.

"Dengan metode kombinasi, pendataan akan lebih cepat. Karena petugas sudah memegang data yang jelas dari Dukcapil. Dari segi validitas juga lebih akurat," kata Saphoan, Selasa 14/01/2020.

Sementara masyarakat yang belum melakukan perekaman data di Dukcapil, tetap akan dikunjungi petugas sensus.

Selain itu, sensus juga akan dilakukan secara online. Masyarakat bisa update data kependudukannya secara mandiri melalui website sensus.bps.go.id, mulai bulan Februari hingga Maret.

Di wilayah NTB, kata Saphoan, update data secara online hanya bisa dilakukan di Kabupaten Lombok Timur dan Mataram. "Soalnya hanya kita (Lombok Timur, red) dan Mataram yang siap menjalani update data secara online," pungkasnya.

"Namun, meski telah update data secara online, petugas sensus tetap akan lakukan verifikasi langsung dengan mendatangi rumah warga, mulai tanggal 1 Juli mendatang," pungkasnya. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama