Tahun Depan, 160 Kapal Bongkar Muat Akan Bersandar di Dermaga Labuhan Haji? - OPSINTB.com | News References -->

Tuesday, December 24, 2019

Tahun Depan, 160 Kapal Bongkar Muat Akan Bersandar di Dermaga Labuhan Haji?

Tahun Depan, 160 Kapal Bongkar Muat Akan Bersandar di Dermaga Labuhan Haji?

Dishub lombok timur

OPSINTB.com - Tahun 2020 mendatang, Dermaga Labuhan Haji, Lombok Timur akan kedatangan 160 kapal bongkar muat barang dan orang.

"Ada yang mau menyewa dengan mendatangkam 160 kapal untuk menyandar di sana," Kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lombok Timur, M Zaini, Senin 23/12/2019.

Adalah PT Natura Lestari Samudra Jakarta, sebagai pihak yang menawarkan kerjasama dengan pemerintah daerah Lombok Timur.

Zaini menjelaskan, saat ini pemerintah daerah dan PT Natura Lestari Samudra sedang melakukan pembahasan serius agar rencana tersebut bisa terwujud tahun depan.

"Target 2020 yang sekarang ini sedang dalam pembahasan. Mohon doanya ya," kata Zaini.

Nantinya, sejumlah kapal yang dimaksud akan diperuntukkan sebagai alat muat pengakut barang dari Lombok Timur menuju daerah-daerah tertentu. "Contohnya angkut ikan," katanya.

Selain itu, 160 kapal tersebut juga diupayakan sebagai gerebang kerjasama antara Dermaga Labuhan Haji dengan Pelabuhan Sumbawa sebagai alat transportasi angkut orang. "Konektifitas kedua pelabuhan ini sangat kita mimpikan," kata Zaini.

Lanjutnya, jika kesepakatan antara perusahaan yang bersangkutan dan pemerintah daerah bisa terwujud, maka tentu kerjasama tersebut akan menguntukngan bagi PAD dan masyarakat Lombok Timur khususnya.

"Saya bisa bayangkan kalau PT Nusantara Lestari Samudra ini nyata komitmen kita, yang sekarang ini kita bicarakan, luar biasa," pungkasnya.

"Makanya tahun 2020 ini harus kita star ke sana dengan rencana yang sudah kita siapkan," sambungnya.

Untuk itu, jelas Zaini, pada anggaran tahun 2020, pemerintah daerah melalui Dishub Lombok Timur akan melakukan sejumlah persiapan pemberdayaan terhadap Dermaga Labuhan Haji. Pemberdayaan dilakukan dengan fokus pada program pembenahan sarana dan prasarana dermaga. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama