Produk Olahan Rumput Laut Desa Kertasari KSB Mulai Sentuh Pasar Nasional - OPSINTB.com | News References -->

Friday, November 8, 2019

Produk Olahan Rumput Laut Desa Kertasari KSB Mulai Sentuh Pasar Nasional

Produk Olahan Rumput Laut Desa Kertasari KSB Mulai Sentuh Pasar Nasional

Hasil produk olahan rumput laut desa kertasari ksb

OPSINTB.com - Desa Kertasari, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berada di bibir Pantai Kertasari. Lokasi desa yang berdekatan dengan bibir pantai membuat warga setempat banyak yang memilih menjadi petani rumput laut. Rumput laut Kertasari tergolong bagus. Melihat potensi yang dimiliki, warga/petani rumput laut Desa Kertasari membuat berbagai produk olahan rumput laut. Mulai dari dodol, stik hingga kerupuk.

Di bawah naungan Usaha Kelompok Menengah (UKM) Desa Kertasari, empat kelompok pengusaha olahan rumput laut semakin gencar berinovasi dan melakukan pemasaran produk. Produk dikemas dengan baik disertai tampilan menarik dan moderen. Setrategi pasar juga terus dikembangkan.

Hasil olahan rumput laut sering mengikuti bazar atau pameran makanan yang diadakan oleh pemerintah daerah dan rovinsi. Media sosial mulai dari
Facebook, Instagram dan Twitter juga menjadi salah satu lapak andalan bagi para pengusaha olahan rumput laut. Hasilnya, kini produk usaha olahan rumput laut Desa Kertasari semaik dikenal bahkan mulai sentuh pasar Nasional.

Member Marketing UKM Desa Kertasari, Amirul Hilmi mengatakan, Setrategi pasar yang kini diterapkan membuat olahan rumput laut Desa Kertasari semakin dikenal ketimbang sebelumnya. Setrategi pasar juga mendongkrak penghasilan petani rumput laut dan pengusaha pengolah. Sebelumnya, pasar olahan rumput hanya menyentuh pasar lokal dan belum menerapkan setrategi marketing moderen sehingga jangkauan pasar tergolong sempit.

"Tapi sekarang kita sering terima dan kirim pesanan ke luar daerah. Seperti Sulawesi Tenggara dan Surabaya," kata Amir, Jumat 8/11/2019.

Tak mau puas dengan hasil saat ini, UKM Desa Kertasari akan terus memperluas pasar dan berinovasi produk olahan rumput laut.

Ke depan, kata Amir, rumput laut akan diolah menjadi olahan sehat seperti sabun rumput laut, masker dan biskuit rumput laut. Kemasan produk juga akan ada inovasi berbeda dalam upaya mendorong program Pemerintah Provinsi NTB yakni NTB Zero Waste.

Namun demikian, pengusaha rumput laut yang bernaung di bawah UKM Desa Kertasari tak lepas dari beberapa hambatan. Alat olahan masih menggunakan teknologi sederhana dan seadanya. Hal itu menyebabkan biaya produksi menjadi lebih tinggi. "Untuk menekan biaya produksi kita terus gencar melakukan pemasaran," pungkas Amir. (imi)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama