Pemuda Tembeng Putik Sulap Sungai Jadi Tempat Wisata - OPSINTB.com | News References -->

Minggu, 10 November 2019

Pemuda Tembeng Putik Sulap Sungai Jadi Tempat Wisata

Pemuda Tembeng Putik Sulap Sungai Jadi Tempat Wisata

Wisata sungai tempeng putih

OPSINTB.com - Sadar akan adanya kekeayaan alama dan sumber daya manusia yang mumpuni, sejumlah tokoh muda Desa Tembeng Putik Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur menyulap sungai menjadi area wisata desa setempat. Wisata yang kini menjadi primadona itu diberi nama Kembang Putih.

Ada tiga tokoh muda selaku inisiator lokasi wisata yakni Suhandi, Abdul Maad dan Muliadi Hasan seorang mantri desa yang juga penggagas lokasi wisata Denda Seruni di Desa Seruni Mumbul, Pringgabaya.

"Melihat potensi alam yang ada dan dalam rangka pemberdayaan masyarakat, akhirnya kami beranikan diri untuk buka lokasi ini sebagai tempat wisata," kata Abdul Maad, salah seorang penggagas area wisata Kempang Putih, Minggu 10/11/2019.

Niat baik tiga penggagas ini disambut baik oleh pemerintah desa setempat, dengan dibentuknya Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Kembang Putih dan langsung diberikan modal awal sebesar Rp 40 juta.

"Pemerintah desa Alhamdulillah menyambut baik, kami langsung diberikan 40 juta, kami pakai buat ayunan dan sarana penunjang lainnya," tambah pria yang juga kepala wilayah Tembeng Putik, sembari berharap tahun depan akan dapat kucuran dana yang lebih besar lagi dari pemdes Tembeng Putik.

Area wisata kembang putih
Area wisata Kembang Putih

Walapun belum dibuka secara resmi, lokasi wisata yang awalnya bernama Bautukang ini telah ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal yang berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat sekitar. Contohnya, beberapa pengunjung telah membeli salah satu produk unggulan masyarakat yakni tikar pandan dengan harga dua kali lipat dari harga biasanya.

"Tikar pandan yang biasa harga Rp 70 ribu bisa terjual dengan harga Rp 170 ribu bahkan ada yang mau pesan lebih banyak lagi. Inilah salah satu dampak dari keberadaan wisata ini," cerita Abdul Maad.

Pengurus Pokdarwis Tembang Putih berharap agar kedepan area wisata ini bisa betul-betul mendongkrak pendapatan desa dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat sekitar.

Wisata sungai yang penuh eksotis ini rencana akan dilaunching dipenghujung tahun ini. "Insyaallah bulan Desember akan kita buka secara resmi" tutupnya. (bal)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama