Jambore perdana Pokmaswas digelar di Lombok Timur - OPSINTB.com | News References -->

10/06/24

Jambore perdana Pokmaswas digelar di Lombok Timur

Jambore perdana Pokmaswas digelar di Lombok Timur

 
Jambore pokmaswas

OPSINTB.com - Kelompok Masyarakat Pengawas Sumbernya Kelautan dan Perikanan  (Pokmaswas) gelar jambore perdana. Kegiatan itu diikuti oleh Pokmaswas se-Nusa Tenggara Barat (NTB) di kawasan wisata Pantai Gili Lampu, Desa Padak Guar, Sambalia, Lombok Timur, dari tanggal 07 hingga 09 Juni 2024.


Kegiatan itu dilaksanakan guna mempererat silaturrahmi serta motivasi antar pengurus organisasi itu. Gelaran itu yang menggawangi sebagai tuan rumah ialah Pokmaswas Petrando.


Ketua Panitia Jambore Pokmaswas NTB 2024, Herman, menyampaikan, kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan sukses, karena adanya dukungan dari DKP NTB dan Pemda NTB dengan PT. Suncable sebagai sponsor utama.


Dukungan lainnya, kata dia, seperti Rekam Nusantara, Yayasan Bentang, Yayasan RSI Namira Lotim, PT. Delapan Menit, SPBU Pancor Peduli, serta PMI Cabang Lotim, Relawan Ambulan Lombok. 


"Kami menyampaikan ucapan terimakasih yang tidak terhingga kepada pihak DKP NTB dan segenap sponsorship, utamanya kepada PT. Suncable", ungkap Herman.


Dikatakannya, kegiatan yang diselenggarakan sebagai rangkaian peringatan hari laut sedunia 2024, bertajuk Satu Aksi untuk Laut Lestari. Dipaparkan, kegiatan ini diinisiasi oleh YKPPL Sambelia, YDBS Lobar, WCS, Pokmaswas Petrando dan Pokmaswas Perintis Bahari.


"Tujuan Utama Jambore ini adalah menjalin silaturrahmi dan terjalinnya komunikasi antara seluruh Pengurus Pokmaswas di wilayah NTB guna membentuk forum komunikasi resmi Pokmaswas NTB," pungkas Ketua Panitia Jambore tersebut. 


Dia membeberkan, kegiatan ini di rangkaian dengan cleanup pantai dan under water, donor darah serta pemeriksaan kesehatan gratis.


Dia melanjutkan, pembentukan pengurus himpunan Pokmaswas NTB, penyerahan bantuan kepada Pokmaswas dan Kelompok Nelayan NTB.


"Pengukuhan pengurus Himpunan Pokmaswas NTB oleh Pj. Gubernur, Penandatanganan petisi jaga laut NTB, transplantasi jarang dan workshop pengembangan kapasitas pokmaswas NTB," sebutnya


Pj Gubernur NTB, Lalu Gita Ariyadi, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia berharap kegiatan agar tersebut  masuk dalam kalender tetap Dinas Kelautan dan Perikanan NTB.


"Saya berharap supayaJambore Pokmaswas NTB dijadikan sebagai kalender tetap oleh Dinas Kelautan dan Perikanan NTB dan kedepannya bisa diadakan Jambore Pokmaswas Nasional di NTB," harapnya


Dia mengaku, bangga kepada Panitia, serta segenap sponsor dan peserta kegiatan ini.


Pria yang karib disapa Miq Gita itu, menekankan supaya kegiatan ini harus dilanjutkan pada tahun-tahun mendatang. 


"Tentunya ini harus dilanjutkan dan Pengurus Himpunan Pokmaswas NTB yang sudah dikukuhkan tadi saya harap bisa menjalin komunikasi intens dengan DKP dan para sponsorship sehingga Jambore Pokmaswas NTB berikutnya dilaksanakan lebih meriah lagi", tegasnya. 


Sebagai output pelaksanaan Jambore ini, terbentuk dan dikukuhkannya Pengurus Himpunan Pokmaswas NTB dengan Ikhwan Jaelani sebagai Ketua terpilih, Herman dan Pathurrahman sebagai Wakil Ketua serta Asri sebagai Sekertaris. 



Pj. Gubernur NTB, menyatakan dirinya siap member samai Pengurus Himpunan Pokmaswas NTB dan segenap Pokmaswas yang ada di wilayah NTB, untuk melakukan aksi jaga laut NTB dan segenap program kerja Pokmaswas NTB di masa mendatang.


"Tentunya kami sangat mengapresiasi semua gerakan konstruktif dan aksi nyata dari semua Pokmaswas di NTB dalam menjaga kelestarian sumberdaya laut dan utamanya atas terselenggaranya kegiatan ini," ucapnya


Dinyatakan pula bahwa Jambore ini adalah Jambore Pokmaswas Perdana di NTB dan bahkan ini juga merupakan Jambore Pokmaswas Tingkat Provinsi Perdana di Indonesia.


"Saya berharap terbentuknya forum komunikasi Pokmaswas NTB ini dengan segenap pengurusnya yang telah dilantik dapat menjadi salah satu bagian penting dalam membangun dan mengembangkan perekonomian masyarakat NTB, khusunya masyarakat nelayan", tegasnya.



Di ahir kegiatan, disepakati bahwa Jambore Pokmaswas NTB 2025 akan diselenggarakan di Pulau Kenawa Kabupaten Sumbawa Barat dengan Pokmaswas Bulawah sebagai tuan rumah.


Jambore Perdana Pokmaswas se-NTB ini dihadiri juga oleh Pj. Gubernur NTB, L. Gita Aryadi, Pj. Sekda Lotim, Kadis DKP NTB dan pejabat lainnya serta urusan dari para sponsor ship. (kin)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama