14 desa persiapan di Loteng segera definitif - OPSINTB.com | News References -->

20/06/24

14 desa persiapan di Loteng segera definitif

14 desa persiapan di Loteng segera definitif

 
Pemekaran desa di loteng

OPSINTB.com - Hajatan Pemkab Lombok Tengah (Loteng) untuk mendefinitifkan 14 desa persiapan segera terwujud. Dalam Rapat Paripurna DPRD Loteng terkait Penyampaian Hasil Pembahasan Pansus terhadap 14 buah Ranperda tentang Pembentukan Desa yang diselenggarakan Kamis (20/6/2024), Ketua Pansus DPRD Loteng, Ahmad Rifai, menyampaikan kabar gembira.


''Alhamdulillah berkat kesungguhan serta dedikasi dari Pansus serta seluruh pihak terkait, seperti DPMD, bagian hukum, panitia pemekaran desa, seluruh jajaran pemerintah desa induk dan desa persiapan, Pansus dapat menyelesaikan seluruh tahapan pembahasan,'' kata Rifai.


Hanya saja, lanjut Rifai, terdapat perbedaan mendasar terkait data jumlah penduduk, luas wilayah, pembagian wilayah, dan pusat pemerintahan desa. Oleh sebab itu, Pansus telah melakukan kunjungan lapangan ke 14 desa persiapan.


''Pansus juga melakukan pengecekan terhadap kesiapan lahan bangunan kantor serta memberikan perhatian khusus terhadap keabsahan kepemilikan lahan kantor desa guna menghindari hal yang tidak kita inginkan di kemudian hari,'' imbuhnya.


Sementara itu, Wabup Loteng, HM Nursiah menyatakan, saat ini 14 desa persiapan sedang dalam proses di provinsi yang kemudian akan berlanjut ke Kemendagri untuk mendapatkan kode desa. Kode desa tersebut nantinya akan menjadi dasar untuk penetapan menjadi desa definitif.


''Dengan persyaratannya yang lengkap, Insyaallah kita lebih cepat untuk menjadi desa definitif,'' ujar Nursiah. 


Kepala DPMD Loteng, Lalu Rinjani menambahkan, penetapan desa persiapan untuk menjadi definitif progressnya sudah mencapai 90 persen. Perdanya sudah disetujui sebagai syarat untuk disampaikan ke Kemendagri.


''Mudah-mudahan tidak ada kendala. PMD sudah bekerja secara maksimal,'' tukasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama