Dukung ketersedian bahan baku produksi tepung tapioka, Pemda Loteng bakal tanam ubi serentak - OPSINTB.com | News References -->

03/05/24

Dukung ketersedian bahan baku produksi tepung tapioka, Pemda Loteng bakal tanam ubi serentak

Dukung ketersedian bahan baku produksi tepung tapioka, Pemda Loteng bakal tanam ubi serentak

 
Produksi tepung tapioka loteng

OPSINTB.com - Mendukung ketersediaan bahan baku untuk produksi tepung tapioka di Sentra IKM Olahan Pangan Pancor Dao, Desa Aik Darek, Kecamatan Batukliang, Loteng, pemda setempat akan melakukan penanaman bahan baku (ubi) serentak. 


''Khusus untuk tapioka, itu nanti ada penanaman ubi serentak,'' kata Bupati Loteng, HL Pathul Bahri usai Launching Operasional Sentra IKM Olahan Pangan di Pancor Dao, Kecamatan Batukliang, Jumat (3/5/2024). 


Dijelaskannya, bahan baku berupa ubi jalar tersebut berbeda dengan jenis ubi jalar pada umumnya. Ubi jalar tersebut saat ini hanya ada di Pulau Sumatera. Pihaknya sudah memesan bibit ubi jalar tersebut sejumlah 100 kwintal. 


''Lain jenisnya itu. Itu ada di Pulau Sumatera. Kami sudah pesan kemarin dan nanti serentak masyarakat menanam, sehingga per bulan itu kita sudah mampu memproduksi,'' imbuh Bupati. 


Selain bibit atau bahan baku, Pemda Loteng juga sedang memikirkan cara pengemasan yang baik. Bukan tidak mungkin, ungkap Bupati, pihaknya akan mendatangkan pelatih untuk memberikan pelatihan cara pengemasan yang baik dan higienis. 


''Nanti supaya menekan harga produksi yang lebih murah. Apakah kita mendatangkan pelatih ke sini,'' ujarnya. 


Sementara, terkait bahan baku, Ketua Tim Program Dirjen Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) RI, Budi Hartono, menyampaikan ketersediaan bahan baku merupakan wewenang pemda. Pihaknya dalam hal ini hanya menyediakan sarana dan prasarana. 


''Kalau bahan baku memang wewenang pemda ya. Kami hanya menyediakan sarpras yang alokasinya dari DAK. Ini diharapkan untuk menunjang hasil produksi IKM kita,'' katanya. 


Sebagai informasi, Sentra IKM Olahan Pangan ini belum lama beroperasi. Meski demikian, selama proses produksi, sentra ini sudah dapat menghasilkan 10 ton tepung tapioka. Hal ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemda setempat, mengingat banyak tenaga kerja yang ikut terserap. 


Selain itu, Loteng juga merupakan salah satu dari lima lokasi di Indonesia yang dipilih Kementerian Perindustrian untuk pengembangan Sentra IKM Olahan Pangan ini. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama