Berkat sabar, akhirnya Lemah dapat panggilan Nabi Ibrahim - OPSINTB.com | News References -->

16/05/24

Berkat sabar, akhirnya Lemah dapat panggilan Nabi Ibrahim

Berkat sabar, akhirnya Lemah dapat panggilan Nabi Ibrahim

 
Panggilan nabi ibrahim

OPSINTB.com - Senyumnya merekah. Bersama kerutan di wajahnya, kedua matanya berbinar menandakan kebahagiaan tengah menyelimutinya.


Dalam perjalanan kehidupan sebagai yatim piatu, ditambah lagi keganasan penjajahan Jepang sesama kecilnya mengajarinya tentang arti kesabaran.


Untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, dirinya harus bekerja serabutan. Mulai dari dagang buah, garam, dan lainnya hanya untuk mencukupi kebutuhannya.


Kehidupan dagang serabutan itu dilakoni hingga ia dewasa. Baru setelah berumah tangga dirinya memfokuskan untuk berjualan kain.


Baru setelah nampak uang dagangannya terkumpul, dirinya memberanikan diri untuk membuka setor tambang haji pada tahun 2014 lalu. Sepuluh tahun menunggu, kini membuahkan hasil meski umur sudah 90 tahun.


"Seneng tedoang aran jaq te berangkat gaweq solah ( senang saja kan mau mengerjakan hal baik)," kata Wanita asal Dusun Mangkling, Desa Loyok, Kecamatan Sikur, Lotim, Lemah Binti Sinudin, kepada opsintb.com, Kamis (06/05/2024).


Lemah, wanita paruh baya ini termasuk jemaah haji paling tua yang akan berangkat tanggal 23 Mei mendatang. Dia tergabung pada kloter 10 regu 9 atau kloter campuran. 


Wanita kelahiran 1935 ini menceritakan, dirinya menunggu untuk keberangkatan ke tanah suci Makkah selama 10 tahun lamanya. Di usianya 90, ia hanya mengingat masa tunggunya.


Selama dia berdagang, dirinya tak jarang harus berjalan jauh. Dia membeberkan, wilayah yang didatangi hanya untuk menawarkan barang dagangannya Penyangkar hingga Kelurahan Geres, hingga acara-acara pengajian.


"Disitu juga di pengajian Tuan Guru Bodak," ucapnya.


Aktivitas itu dilakoninya sejak kecil. Lantaran dirinya lahir sebagai yatim piatu.


Dia harus rela hidup irit, hanya untuk menabung guna menyetor tambang haji. Akhirnya tahun 2014 dirinya bisa berbuah.


Saat cukup Rp25 juta dirinya memberanikan diri untuk membuka rekening haji. Dan baru dilunasi sebesar Rp33 juta.


"Alhamdulillah sehat, dan siap jalan untuk melaksanakan ibadah haji," pungkasnya. (kin)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama