Peringati hari bumi sedunia, PDAM Loteng tanam ratusan pohon di kawasan mata air - OPSINTB.com | News References -->

22/04/24

Peringati hari bumi sedunia, PDAM Loteng tanam ratusan pohon di kawasan mata air

Peringati hari bumi sedunia, PDAM Loteng tanam ratusan pohon di kawasan mata air

 
Pdam loteng

OPSINTB.com - PDAM Tirta Ardhia Rinjani Lombok Tengah (Loteng) memperingati Hari Bumi se-Dunia dengan menanam ratusan pohon di kawasan mata air Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara, Senin (22/4/2024). 


Kegiatan tersebut berkolaborasi dengan Portir International dan Green Care Indonesia dengan mengangkat tema 'Beriuk Jagak Gumi, Jagak Gawah' yang bermakna bersama-sama untuk menjaga bumi dan menjaga hutan.


Kepala Bidang Sekretarian PDAM Tirta Ardhia Loteng, Lalu Khairul Huda menjelaskan, peringatan Hari Bumi tersebut merupakan komitmen Direksi PDAM terhadap perlindungan mata air.


''Alhamdulillah kegiatan penanaman pohon yang sudah kita rencanakan sebulan yang lalu hari ini berjalan lancar, meski lokasi sudah dijangkau dan bertenung, tapi temen-temen tetap bersemangat. Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Perumda Air Minum Tiara terhadap kegiatan konservasi alam untuk menjaga kelangsungan mata air yang ada di wilayah utara Kabupaten Lombok Tengah,'' jelas Huda.


Lokasi tersebut, kata dia, sengaja dipilih untuk menjaga kelangsungan sumber mata air. Meski lokasinya cukup terjal karena berada di areal tebing yang rawan longsor, tapi lokasi tersebut menjadi target perusahaan agar pohon-pohon yang ditanam tersebut dapat menyerap air dan melindungi tebing-tebing jalur perpipaan agar tidak longsor.


''Dengan pohon dan tebing yang labil akan menjadi kuat, sehingga bencana longsor bisa diminimalisir dan maka air pun dapat mengalir tanpa ada gangguan,'' imbuh Huda. 


Terpisah, Ketua Portir Internasional, Maya Soeripto, mengajak masyakarat untuk menjaga hutan.


''Memperingati Hari Bumi 2024 ini, mari kita jaga bumi jaga hutan,'' serunya. 


Ia menerangkan, pentingnya menjaga bumi secara bersama-sama dengan menanam pohon setiap hari.


''Spirit menjaga bumi sebenarnya harus kita lakukan setiap hari. Dalam momentum Hari Bumi, penanaman pohon ini untuk selamatkan sumber mata air kita, karena alam memang diciptakan Tuhan untuk manusia, sehingga peran dan fungsi manusia untuk menjaga bumi ini sangat penting,'' pungkasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama