MTQ ke 30 tingkat Lombok Timur mulai digelar - OPSINTB.com | News References -->

23/04/24

MTQ ke 30 tingkat Lombok Timur mulai digelar

MTQ ke 30 tingkat Lombok Timur mulai digelar

 
Mtq lotim 2024

OPSINTB.com - Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang ke 30 tingkat Kabupaten Lombok Timur resmi digelar. Pembukaan dilaksankan di halaman Kantor Bupati Lotim mulai dari 22 sampai dengan 29 April 2024.


Kegiatan ini diawali dengan pawai taaruf yang diikuti oleh seluruh kafilah di 21 Kecamatan, serta masyarakat Lotim, dengan jumlah peserta lebih dari Lima Ribu peserta.


Pembukaan MTQ tingkat kabupaten ini juga turut dihadiri oleh Pj Sekda H Hasni, Biro Kesra Provinsi NTB, jajaran Forkopimda, kepala OPD, Kepala BUMN/BUMD, Camat, Ketua LPTQ Tingkat Kecamatan, serta Masyarakat Lombok Timur. 


Pj Bupati Lombok Timur, HM Juaini Taofik dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini selain untuk silaturrahmi juga merupakan ketetapan Allah SWT bahwa Al Quran akan tetap terjaga kemurnian dan kesuciannya melalui para Hafidz dan Hafidzah.


MTQ, kata dia, bukan hanya sekadar perlombaan, namun melalui para hafidz dan hafidzah Al Quran akan senantiasa terjaga di dalam lidah, pikiran, dan hati yang akan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut menurutnya selaras dengan tema yang diangkat yakni 


“Wujudkan Generasi Qur’ani Berakhlak Untuk Lombok Timur Berkemajuan," terangnya.


Lantaran itu dirinya berharap, melalui momentum ini peserta dapat bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan dengan mengharap ridho Allah SWT.


Sementara itu Ketua Panitia MTQ  Ke-XXX, Hadi Fathurrahman, mengatakan, gelaran berbeda dengan STQ. Pada MTQ, bebernya, terdapat tambahan lomba yakni Syahril dan Tahrim Al Quran yang akan dilaksanakan di Ballroom Bupati, kaligrafi di Kantor Kemenag, serta jarya ilmiah Al Quran yang akan dilaksanakan di Aula Perpustakaan Daerah.


Selain itu ia menyebut, pada MTQ kali ini sebanyak diikuti oleh 635 peserta dari 21 Kafilah akan bertanding pada 7 cabang mata lomba yang terbagi di 7 majelis.  


Dengan ketentuan ada beberapa mata lomba yang akan menggunakan E-Maqra MTQ. 


"Ini aplikasi pengacak soal dan maqra’ secara transparan dan akurat guna meningkatkan kualitas pelaksanaan musabaqah," ujarnya.


Pada hari pertama beberapa cabang lomba sudah mulai diperlombakan, salah satunya cabang lomba Fahmil dan Syahril Qur’an, yang berlangsung di Ballroom Kantor Bupati Lombok Timur, pada Selasa pagi (23/04). (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama