PON NTB-NTT 2028, Loteng siapkan 8 venue - OPSINTB.com | News References -->

07/03/24

PON NTB-NTT 2028, Loteng siapkan 8 venue

PON NTB-NTT 2028, Loteng siapkan 8 venue

 

Foto: Foto: para pelajar dari berbagai sekolah di Kota Praya saat sedang bermain futsal di GOR Tastura Praya, Loteng. GOR Tastura rencananya akan menjadi venue pertandingan volly pada ajang PON 2028. (wan/opsintb)


OPSINTB.com - Kepala Badan Pembangunan Perencanaan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Lalu Wiranata, menyebut venue ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) di Loteng akan mulai dibangun pada 2025 mendatang. 


Sebagaimana diketahui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat telah menunjuk NTB bersama NTT menjadi tuan rumah bersama ajang olahraga empat tahunan tersebut. 


''Ya kita persiapkan 2025, 2026, 2027. Jadi selama tiga tahun itu kita akan persiapkan,'' ujar Lalu Wiranata, Kamis (7/3/2024). 


Dari informasi sementara, lanjutnya, Loteng telah ditunjuk mempersiapkan delapan venue. Meski belum pasti, tetapi Pemkab Loteng telah diberikan gambaran oleh KONI Pusat; cabang olahraga apa saja yang akan dipertandingkan di Loteng. 


''Yang sempat dibicarakan kemarin; olahraga air, paralayang, volly, dan grasstrack kita yang minta langsung diadakan di Sirkuit Lantan, Batukliang Utara,'' sambung Lalu Wiranata. 


Selain venue, pihaknya juga akan membenahi beberapa insfrastruktur lain seperti jalan menuju Sirkuit Lantan yang dinilai masih belum layak dan sempit. Adapun sumber dana perbaikan venue dan fasilitas lain akan dipersiapkan dari dana Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Teknokratik. 


''Insha Alloh di Teknokratik RPJM sedang kita susun. Itu selama empat tahun kita siapkan kalau nanti jadi venue PON,'' terangnya. 


Terpisah, Ketua KONI Loteng, M Samsul Qomar, menyatakan KONI Pusat telah mengecek beberapa venue beberapa bulan lalu. Hal ini dilakukan agar Loteng bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik. 


''Menjadi tuan rumah yang baik harus kita persiapkan dari sekarang. Venue pertandingan harus memenuhi standar nanti,'' ucap Qomar. 


Menariknya, kata Qomar, rencana penutupan PON 2028 akan dilaksanakan di Loteng. Hal ini berkaitan dengan rencana Loteng yang ingin membranding diri menjadi sport tourism. 


''Rencananya penutupan PON juga akan dilakukan di Loteng nanti,'' pungkasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama