Egaliter Institute Indonesia hadir wujudnya masa depan demokrasi pluralisme - OPSINTB.com | News References -->

14/03/24

Egaliter Institute Indonesia hadir wujudnya masa depan demokrasi pluralisme

Egaliter Institute Indonesia hadir wujudnya masa depan demokrasi pluralisme

 
Egaliter Institute Indonesia hadir wujudnya masa depan demokrasi pluralisme
OPSINTB.com - Perkenalkan, Egaliter Institute Indonesia, sebuah perhimpunan atau organisasi independen non pemerintah yang bergerak di bidang sosial, politik, ekonomi, lingkungan, HAM, dan keragaman inklusif.

Organisasi yang berdomisili di Desa Lepak, Kecamatan Sakra Timur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat itu didirikan oleh M Dirangse Samudra. Passion atau karakterisitik yang dimiliki oleh organisasi ini adalah "Transnational Network", dimana jejaring perjuangan dan kerja sama dimulai dari ranah domestik hingga berlanjut ke ranah global.

Dalam menjalankan tugas, Egaliter Institute menggunakan metode obyek studi akademis, aktivisme, advokasi, dan negosiasi untuk mendorong dan menemukan solusi-solusi yang memungkinkan terwujudnya masa depan demokrasi-pluralisme.

"Egaliter Institute memastikan kebebasan sipil terjamin sebagai upaya semua warga negara mendapatkan hak-haknya, keadilan dan kesetaraan sosial, emansipasi perempuan dan kemakmuran peradaban masyarakat melalui mekanisme check and balance di ruang publik," ungkap pemuda yang kini mengabdi sebagai dosen di ITSKes Muhammadiyah Selong itu.

Lebih lanjut M Dirangse Samudra yang karib disapa Dira menjelaskan tujuan terbentuknya Egaliter Institute, yakni berupaya untuk memahami dan menghadapi tantangan- tantangan yang sifatnya memiliki relevansi besar pada kehidupan warga negara dan sifatnya kompleks.

Kehadiran Egaliter Institute juga dihajatkan untuk mengawal semua warga negara memiliki posisi dan hak yang sama atau setara dalam melakukan transaksi sosial atau politik. Sehingga dalam praktenya dapat menjadikan demokrasi lebih deliberatif-memberdayakan masyarakat untuk mengatasi setiap permasalahan.

"Egaliter Institute berkomitmen menciptakan nilai dan tatanan sosial yang baru, memajukan dan membangun perubahan politik demi kebaikan publik," tegas Dira.

Untuk Visi-Misi, Dira memaparkan, Egaliter Institute berkomitmen memajukan peradaban demokrasi sebagai aspirasi universal manusia dan mendukung pembangunan politik, ekonomi dan manusia berbasis pengetahuan dan riset untuk menunjang pembangunan yang berkelanjutan.

"Dan kami melakukan aktivitas monitoring hingga mediasi demi penguatan akselerasi yang berkeadilan dari setiap kebijakan pemerintah yang bersifat mengikat secara otoritatif terhadap masyarakat," imbuhnya.

Selain itu Egaliter Institute membina dan memfasilitasi masyarakat atau komunitas yang tergolong marjinal untuk terlibat aktif dan kreatif dalam bertindak agar dapat menghasilkan perubahan dari beragam dimensi permasalahan sosial, budaya, politik, ekologi, gender dan isu intoleransi.

Dira juga memaparkan sejumlah program Egaliter Institute yang akan dijalankan, di antaranya Pendidikan Politik, Demokrasi, Ekologi dan Gender, Pembangunan Ekonomi Daerah Sustainable Development Goals (SDGs), Mengkaji dan Advokasi Kebijakan Strategis Politik.

"Advokasi Negosiasi-Resolusi Konflik Sosial, HAM, dan Keragaman Inklusif juga menjadi fokus program Egaliter Institute Indonesia," pungkas M Dirangse Samudra. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama