Awali Safari Ramadan di BKU, bupati beberkan keberhasilan pembangunan - OPSINTB.com | News References -->

15/03/24

Awali Safari Ramadan di BKU, bupati beberkan keberhasilan pembangunan

Awali Safari Ramadan di BKU, bupati beberkan keberhasilan pembangunan

 
Awali Safari Ramadan di BKU, bupati beberkan keberhasilan pembangunan

OPSINTB.com - Bupati Lombok Tengah (Loteng), H Lalu Pathul Bahri mengawali rangkaian Safari Ramadan 1445 H di Kecamatan Batukliang Utara (BKU) pada Kamis (14/3/2024). Dalam kesempatan tersebut, ia mengungkap dalam beberapa tahun terakhir Loteng mengalami peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Pada 2022, IPM Loteng berada pada angka 69,57 poin, naik 70,41 poin setahun kemudian. 


''Hal ini menunjukkan sebuah kemajuan bagi masyarakat Loteng, mengingat IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup masyarakat,'' ujar Bupati.


Lanjutnya, IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan dan sebagainya.


Selain itu, Loteng juga menunjukkan pertumbuhan ekonomi tertinggi di NTB dengan angka 5,77 persen. Sedangkan tingkat kemiskinan mengalami penurunan, berada di bawah provinsi yaitu mencapai 12,93 persen. Tingkat pengangguran juga turun dari 3,74 persen menjadi 2,33 persen. 


''Ini menunjukkan bahwa Pemda Loteng telah berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat,'' sambungnya.



Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kata Bupati, Pemkab Loteng telah menetapkan program unggulan yang dicanangkan untuk menyejahterakan masyarakat. Beberapa program unggulan tersebut antara lain peningkatan insentif untuk marbot dan guru ngaji. Di Loteng terdapat 1.642 marbot dan 500 guru ngaji yang mendapat insentif tersebut.


Selain itu, terdapat jaminan kesehatan bagi tuan guru dan pemuka agama. Pemkab Loteng memberikan kartu Maiq Meres kepada 327 tuan guru sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi mereka dalam membentuk karakter masyarakat yang berahlak mulia.


''Pemda Loteng juga melakukan pengembangan UMKM serta memberikan asuransi bagi petani dan nelayan. Pembangunan fasilitas olahraga juga dilakukan di kecamatan, serta tidak lupa melakukan ikhtiar perbaikan insfrastruktur jalan kabupaten menuju mantap 100 persen,'' imbuhnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama