Sungkul: Event bau nyale on the track - OPSINTB.com | News References -->

12/02/24

Sungkul: Event bau nyale on the track

Sungkul: Event bau nyale on the track

 
Sungkul: Event bau nyale on the track

OPSINTB.com - Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah (Loteng), Lalu Sungkul, mengatakan perayaan event Bau Nyale akan terselenggara sesuai rencana. Ia menyatakan, sudah menyusun rundown acara. Rencananya acara akan dipusatkan di Pantai Seger, Desa Kuta, Kecamatan Pujut. 


''Sudah on the track, sesuai rencana bahwa kita akan rencanakan di Pantai Seger sesuai dengan harapan masyarakat,'' kata Lalu Sungkul pada wartawan di ruang kerjanya, Senin (12/2/2024). 


Begitupun dengan side event seperti peresean dan parade budaya, semua sudah dipersiapkan dengan matang yang akan terpusat di Beach Park, Mandalika mulai dari tanggal 23-28 Februari. 


''Kita akan finalkan setelah Pemilu ini, durasi masing-masing acara,'' imbuhnya. 


Lebih lanjut, Sungkul menyebut telah mengunjungi lokasi acara dan menemui para stakeholder di sana, termasuk para pemilik hotel. Mereka telah diminta untuk membuat acara Bau Nyale menjadi paket-paket yang bisa ditawarkan kepada para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tujuannya adalah agar selama event ini berlangsung keterisian hotel bisa maksimal. 


''Kita kasih mereka rundownnya untuk mereka membuat paket Nyale. Jadi dia jual untuk mengisi hotelnya sebagai paket. Misalkan paket 3 hari. Mereka kreasi sendirilah,'' sambung Sungkul. 


Adapun pihaknya telah menargetkan hotel bisa terisi 80 persen selama event Bau Nyale berlangsung, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. ''Orang-orang Jakarta weekend di sini, karena kebetulan juga acaranya (Bau Nyale) weekend,'' ujarnya. 


Untuk wisatawan mancanegara sendiri, pihaknya lebih dominan menargetkan wisatawan asal Australia. Sebabnya, jarak antara kedua negara terbilang cukup dekat. ''Flight-nya juga tidak ribet,'' ungkapnya. 


Ia mengungkap, pihaknya bisa saja menggaet wisatawan dari seluruh dunia ke dalam event ini, namun ia mengaku terkendala aksesibilitas. Ia menyontoh wisatawan dari Sumatera atau daerah-daerah lain di Indonesia dan mancanegara terlebih dahulu harus ke Jakarta baru kemudian melakukan penerbangan ke Lombok. 


Dengan demikian, pihaknya berharap kepada Dinas Perhubungan Provinsi NTB untuk membuka akses penerbangan yang lebih banyak dan lebih mudah ke Lombok. 


''Kita harapkan dari Dinas Perhubungan Provinsi atau gubernur, bagaimana di masing-masing provinsi ada direct flight-nya ke masing-masing provinsi. Misalnya Sulawesi-Lombok, Australia-Lombok, dll,'' harapnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama