Pemerintah Kecamatan Kopang siap bina desa di wilayahnya ikuti lomba desa - OPSINTB.com | News References -->

02/02/24

Pemerintah Kecamatan Kopang siap bina desa di wilayahnya ikuti lomba desa

Pemerintah Kecamatan Kopang siap bina desa di wilayahnya ikuti lomba desa

 
Pemerintah Kecamatan Kopang Loteng

OPSINTB.com - Menyambut lomba desa tingkat kabupaten Lombok Tengah (Loteng) Juli 2024 mendatang, Pemerintah Kecamatan Kopang, Loteng meminta seluruh desa di kecamatan ini siap jika ditunjuk untuk mewakili. 


Camat Kopang, Lalu Halil mengatakan, desa yang ditunjuk nantinya tidak perlu takut, sebab pemerintah kecamatan sudah siap untuk mendampingi dan membina. 


''Bagi desa yang ditunjuk nanti tidak usah takut. Toh banyak juga dari kecamatan ini yang sudah menang. Syukur-syukur kita ditunjuk mewakili ke provinsi,'' kata Lalu Halil pada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (1/2/2024). 


Saat ini, aku Halil, ada beberapa desa yang memiliki potensi wisata yang siap dilombakan. Seperti Desa Lendang Ara, Berinding, dan Bual. Ketiga desa tersebut mempunyai destinasi wisata air, perkebunan, dan persawahan yang indah. 


''Kalau sudah ada surat dari DPMD, mau tidak mau desa yang kami tunjuk harus siap,'' aku Halil. 


Setidaknya, lanjut Halil, pada akhir masa jabatan beberapa kepala desa di wilayahnya, kepala desa tersebut bisa meninggalkan kesan yang baik untuk bisa dinikmati oleh masyarakat.


''Maunya saya; paling tidak di akhir dia menjabat kepala desa, ada sesuatu yang bisa dibanggakan,'' harapnya. 


Lebih lanjut, Halil menyatakan, sebenarnya desa-desa di Kecamatan Kopang sudah tau mengenai lomba desa. Tetapi, sebagian dari mereka tidak tau potensi yang bisa dilombakan. Namun, ia berpesan agar tidak menyerah. Ia menyontoh, Desa Semparu yang bisa menjadi juara 1 tingkat nasional tahun kemarin dengan ikut melombakan sistem pengolahan sampah di desa tersebut. 


''Jadi tidak hanya lokasi wisata saja yang kita angkat. Contohnya Desa Semparu juara lewat sistem pengolahan sampah yang baik,'' ucapnya. 


Pun dengan terpilihnya event Bekerase di Desa Bual yang telah masuk kalender event pariwisata Loteng, Halil berharap potensi wisata di sana bisa diangkat, karena sangat berpotensi. Untuk itu, ia meminta kepala di Kecamatan Kopang agar segera membenahi segala sesuatu yang bisa menjadi potensi untuk dilombakan. 


''Sebenarnya kuncinya di kepala desa. Dari itu, kami minta segera berbenah. Kalaupun tidak terpilih, setidaknya masyarakat tau bahwa di desa tersebut ada lokasi wisata,'' tandas Lalu Halil. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama