Tingkatkan kunjungan wisatawan ke Tandung-Andung, Pemdes Lendang Ara bangun atraksi baru - OPSINTB.com | News References -->

25/01/24

Tingkatkan kunjungan wisatawan ke Tandung-Andung, Pemdes Lendang Ara bangun atraksi baru

Tingkatkan kunjungan wisatawan ke Tandung-Andung, Pemdes Lendang Ara bangun atraksi baru

 
Tingkatkan kunjungan wisatawan ke Tandung-Andung, Pemdes Lendang Ara bangun atraksi baru

OPSINTB.com - Sebagai upaya mempromosikan wisata Bendungan Tandung-Andung, Desa Lendang Ara, Kecamatan Kopang, Lombok Tengah (Loteng), pihak desa setempat tahun ini akan membangun kolam khusus anak, perosotan, jumping, dan menambah tempat duduk pengunjung dengan model lesehan.


Kades Lendang Ara, Ayunan, menjelaskan sudah menambah anggaran untuk biaya pembangunan seluruh atraksi tersebut.


''Di anggaran kita untuk tahun ini ada tambahan atraksi. Di kolam renang itu, kita akan bangun kolam anak khusus, perosotan, tempat duduk. Ada satu titik tempat kita nambah, tapi modelnya ngeleseh,'' kata Ayunan pada wartawan, Selasa (22/1/2024).


Selain itu, pihaknya juga akan bekerjasama dengan pihak ketiga untuk mempromosikan wisata Bendungan Tandung-Andung dengan profil digital. Nantinya, pihak ketiga tersebut tidak hanya menyoroti sektor pariwisata saja, namun seluruh sektor yang ada, seperti pertanian yang sudah menjadi andalan Desa Lendang Ara.


Lebih lanjut, ia menjelaskan tahun ini pihaknya sudah menganggarkan untuk merekrut seorang staf desa yang khusus bertugas untuk melakukan promosi desa dan wisata.


''Sehingga, mudah-mudahan kalau tidak ada rintangan; kami akan beli drone, kamera, punya YouTube sendiri, dan mengelola website sendiri,'' imbuhnya.


Pihaknya pun telah melakukan MoU dengan Undikma terkait budaya dan pariwisata. Ia mengaku sedang menggarap satu program dengan dosen di Undikma dan program tersebut sedang diajukan ke Kementerian Dikti.


''Mudah-mudahan ini terjawab. Kalau terjawab ini salah satu fokus kami adalah pemberdayaan dan marketing. Bagaimana mengelola tempat wisata tersebut dan pemasarannya,'' ujar dia.


Ia berharap, tingkat kunjungan ke wisata Bendungan Tandung-Andung terus meningkat. Di samping itu, pihaknya sedang berusaha untuk mewujudkan paket wisata. Karena, jika hanya mengandalkan spot wisata saja, perputaran ekonomi agak lambat. 


Dengan adanya paket wisata juga, pihaknya berharap para wisatawan tak hanya berkunjung ke bendungan melulu, tetapi bisa diarahkan ke permukiman warga yang sudah menyiapkan berbagai kerajinan untuk ditawarkan kepada para pengunjung, serta ke perkebunan buah-buahan yang ada di Desa Lendang Ara.


''Mudah-mudahan dengan kita punya paket wisata, pergerakan ekonomi kita bisa bertumbuh dan semakin luas,'' harapnya.


Anis, salah seorang pengelola wisata Bendungan Tandung-Andung menuturkan, sejak wisata ini dibuka dan diresmikan pemda setempat beberapa tahun lalu, tingkat kunjungan terus meningkat. Hanya saja untuk hari-hari biasa, kunjungan tidak begitu ramai. 


Dengan peningkatan tersebut, dalam seminggu ia bersama pengelola bisa menyetor Rp 3-4 juta ke Bumdes yang kemudian hasilnya dibagi dan menjadi tambahan penghasilan. 


Adapun selain menawarkan pemandangan yang indah, wisata Bendungan Tandung-Andung juga menawarkan paket camping ground. Pihak desa maupun pengelola dalam hal ini menarik retribusi Rp 300-500 ribu/malam.


''Tergantung sih, kalau anak-anak sekolah atau pramuka yang nginap, kami tarik biaya agak sedikit, karena mereka datang sambil belajar di sini dan tak jarang ada yang dari Lotim dan Mataram,'' pungkas Anis. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama