Jelang semi final Arong-Arong Jaran, Dispar NTB bersama Pemdes Pohgading Timur gelar Jumat Salam - OPSINTB.com | News References -->

08/12/23

Jelang semi final Arong-Arong Jaran, Dispar NTB bersama Pemdes Pohgading Timur gelar Jumat Salam

Jelang semi final Arong-Arong Jaran, Dispar NTB bersama Pemdes Pohgading Timur gelar Jumat Salam

 
Jelang semi final Arong-Arong Jaran, Dispar NTB bersama Pemdes Pohgading Timur gelar Jumat Salam


OPSINTB.com - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Nusa Tenggara Barat bersama Pemerintah Desa Pohgading Timur berserta masyarakat dan pemuda setempat gelar Jumat Salam. Kegiatan itu dilaksanakan di lokasi arong-arong jaran Pantai Kerakat, Kecamatan Pringgabaya, Lotim, Jumat (08/12/2023).


Jumat Salam kali ini bersih-bersih area pantai Pondok Kerakat yang menjadi lokasi digelarnya pacuan kuda Pesona Pantai Kerakat 2023, yang tengah berlangsung.


Menjelang semi final dan berkahirnya Festival Arong Arong Jaran, Pemdes bersama masyarakat serta Pemuda desa setempat, siap menciptakan kawasan bebas sampah di kawasan pantai demi kenyamanan pengunjung.


Kepala Desa Pohgading Timur, H Idris, mengaku kegiatan Jumat bersih sudah menjadi rutinitas Pemdes, masyarakat serta pemuda desa setempat. Setiap pagi Jumat, terangnya, gelaran itu berpusat dan terfokus sementara di kawasan Pantai Pondok Kerakat.


Kades mengaku bersukur Dispar Provinsi mengarahkan kegiatan Jumatsalam di desa itu.


"Kami sangat bersyukur bahwa Jum'at ini, Dispar Provinsi mengarahkan kegiatan Jum'at Salam di tempat kami," papar H Idris.


Di tempat yang sama, Kabid Pemasaran Dispar NTB, Mulki menerangkan, tujuan dilaksanakannya kegiatan di lokasi itu adalah untuk menciptakan kebersihan dan kenyamanan. Agar penginjung ke destinasi wisata itu meningkat.


"Saya optimis Pantai Pondok Kerakat akan menjadi destinasi wisata yang ramai dan berkelanjutan di masa mendatang," ucapnya.


Ungkapan itu bukan tampa dasar, melainkan  Pemdes, masyarakat serta pemuda setempat sangat antusias mengembangkan kegiatan kepariwisataan.


Rasa kepedulian bersama serta menjaga kebersihan kawasan pantai itu, kata dia, demi kelestarian budaya hidup bersih dan sehat.


"Selain itu untuk kenyaman seluruh pengunjung yang datang berwisata pantai ini," ujarnya.


Untuk diketahui, Pantai Pondok Kerakat selain menjadi tempat ajang balapan kuda selama ini juga diyakini oleh banyak kalangan masyarakat kandungan pasir pantainya yang hitam dipercaya bisa mengobati  berbagai macam penyakit seperti struk,gula darah, asam urat dan bayak lagi yang lainnya. Dengan cara berendam atau menimbun diri di dalam pasir. (kin)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama