LazisMu Lotim berikan santunan dana pendidikan filantropi ke anak yatim Desa Lepak - OPSINTB.com | News References -->

03/11/23

LazisMu Lotim berikan santunan dana pendidikan filantropi ke anak yatim Desa Lepak

LazisMu Lotim berikan santunan dana pendidikan filantropi ke anak yatim Desa Lepak

 
Lazismu Lotim berikan santunan dana pendidikan filantropi ke anak yatim Desa Lepak


OPSINTB.com - Lembaga Zakat, Infaq, dan Sodaqoh Muhammadiyah (LazisMu) Kabupaten Lombok Timur menyalurkan bantuan pendidikan kepada para siswa kategori anak yatim di Desa Lepak, Kecamatan Sakra Timur, Jumat (3/11/2023).


Ketua Lazismu Lombok Timur, Abdul Gafur Ramdhoni mengatakan, pihaknya melakukan penyerahan bantuan dana pendidikan Filantropi LazisMu Lotim untuk 16 anak yatim yang ada di desa setempat. Anggarannya ini kata dia, berasal dari kotak infak yang ada dari Masjid Al Manar Lepak, serta dari beberapa tempat muzaki yang ditaruhkan kaleng-kaleng Lazismu. 


"Bantuan LazisMu ini hajatnya itu dari zakat infakmu (zismu) dari mu untuk mu, artinya dari jamaah untuk jamaah," ucap Abdul Gafur Ramadhoni kepada opsintb.com saat ditemui di sela kegiatannya.


Ia membeberkan, 16 anak yatim tersebut di antaranya 4 orang duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 12 lainnya mahasiswa Sekolah Dasar (SD).


Desa itu dijadikan sebagai pilot project lantaran pihaknya bakal menggelar kegiatan serupa ke sejumlah Cabang Muhammadiyah lainnya yang ada di Lotim.


"Jadi tidak hanya di sini saja kita lakukan program ini, kita juga akan lakukan di tempat lain. Program Ini juga untuk memancing LazisMu Pusat supaya kami di sini bisa diberikan suport," pungkasnya.


Program santunan ini, sebutnya, tak hanya untuk warga Muhammadiyah saja, namun diberikan kepada semua yang membutuhkan dan memenuhi syarat penerima bantuan.


Begitu juga dengan program, tak hanya bagi dana sekolah tapi dalam bentuk bantuan sosial lainnya, seperti dulu pihaknya pernah memberikan sembako seperti minyak dan beras ke para mustahik. 


"Bantuan ini tidak hanya untuk anak yatim saja tapi semua yang membutuhkan, namun untuk saat ini yang kami fokuskan untuk pendidikan anak yatim yang kurang mampu," katanya.


Ramdhoni berharap ke depan pihaknya bisa bersinergi dengan lembaga bantuan lainnya,  semisal Baznas agar bisa saling suport dengan program-program sosial.


"Kegiatan ini kan membantu pemerintah juga, karena tidak semu bisa dicover sama Pemda, sehingga kita sebagai satu lembaga sosial Muhammadiyah dan organisasi masyarakat di bidang sosial, pendidikan ikut andil dalam membantu masyarakat," ungkapnya.


Sementara itu, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lepak, Rasyid Ridho, mengapresiasi kegiatan tersebut, dimana LazisMus mengawali perserikatannya dengan kegiatan Filantropi seperti itu. 


Seperti KH Muhammad Dahlan, tuturnya, memulai pergerakan organisasi itu kepada murid-muridnya untuk mengimplementasikan surat Al Ma'un secara langsung, serta mengumpulkan orang-orang yang miskin untuk disantuni.


Karena itu ia berharap, LazisMu terus istiqomah membantu sesama. Dan meminta kegiatan serupa bisa dilaksanakan secara terus menerus tidak hanya sampai di sini saja.


Jika kegiatan tersebut berlanjut, imbuhnya, dirinya bakal mensuport baik dari segi tambahan dana, doa, maupun lainnya.


"Kita harapkan LazisMu terus lakukan kegiatan yang positif ini, jangan dia memulai terus mengakhiri," harapnya.


Kegiatan yang digelar di Masjid Al-Manar Desa Lepak itu, dihadiri  Ketua Lazismu Lombok Timur, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lotim, Ketua PDM yang membidangi majelis Lazismu dan Pengembangan Cabang dan Ranting (PCR) Lotim, Ketua dan Sekretaris PCM Lepak, Tokoh Masyarakat Desa Lepak, dan Takmir Masjid Al Manar Lepak. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama