Hendak berobat, pendaki Rinjani tewas terjepit di Gua Susu - OPSINTB.com | News References -->

02/11/23

Hendak berobat, pendaki Rinjani tewas terjepit di Gua Susu

Hendak berobat, pendaki Rinjani tewas terjepit di Gua Susu

 
Hendak berobat, pendaki Rinjani tewas terjepit di Gua Susu


OPSINTB.com - Tim SAR Kabupaten Lombok Timur melakukan evakuasi korban meninggal akibat terjepit di Gua Susu jalur pendakian Gunung Rinjani. Korban bernama Lalu Muhammad Hafizin (59), warga Desa Sukadana, Kecamatan Terara berhasil dievakuasi pada Rabu (1/11/2023), sekitar pukul 17.00 Wita.


Kemudian pada Kamis (2/11) sekitar pukul 03.30 Wita tim evakuasi membawa jenazah menuju Puskesmas Senaru, selanjutnya dilakukan serah terima dari pihak TNGR ke keluarga korban.


Syamsul Padli, salah seorang tim evakuasi regu SAR Lombok Timur mengatakan, tim sempat mengalami beberapa kendala evakuasi karena keterbatasan peralatan, ditambah lagi jenazah korban dalam keadaan terjepit pada lobang sempit di Gua Susu.


Sebelumnya, tutur Syamsul, rombongan korban berjumlah 11 orang berangkat menuju Gua Susu pada Senin (30/10/2023) sekitar pukul 09.00 Wita melalui pintu pendakian Senaru. "Korban dan rombongan datang ke Gua Susu untuk berobat," imbuhnya.


Setiba di lokasi korban bersama beberapa rekannya masuk ke Gua Susu untuk menunaikan hajatnya (berobat). Namun saat berada di TKP korban terjepit sehingga tidak bisa turun. Akbitat kejadian itu korban kehabisan oksigen, ditambah lagi bau belerang cukup menyengat pada lubang gua yang sempit.


"Menurut pengakuan teman korban, korban pertama kali ke Gua Susu (mendaki Rinjani). Sebelumnya korban tidak riwayat penyakit. Dugaan sementara ini murni kecepakaan akibat kehabisan oksigen," pungkas Syamsul. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama