Pengelola Sunrise Land Lombok kembali selamatkan puluhan tukik, bakal dilepas Oktober mendatang - OPSINTB.com | News References -->

28/09/23

Pengelola Sunrise Land Lombok kembali selamatkan puluhan tukik, bakal dilepas Oktober mendatang

Pengelola Sunrise Land Lombok kembali selamatkan puluhan tukik, bakal dilepas Oktober mendatang

 
Pengelola Sunrise Land Lombok kembali menyelamatkan puluhan tukik, bakal dilepas Oktober mendatang


OPSINTB.com - Keberadaan spesies penyu jenis lekang di kawasan Pantai Sunrise Land Lombok (SLL) di Dusun Montong Meong, Desa Labuhan Haji, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur sudah lama diketahui masyarakat luas.


Pengelola Pantai SLL bukan hanya sekali melepas anak penyu, terakhir Agustus 2022 lalu sebagai cara memperingati HUT RI. Melibatkan pengunjung dan stakeholder setempat.


Pada hari Rabu kemarin (27/09/2023), pihak SLL kembali berhasil menyelamatkan 30 anakan penyu yang menetas di kawasan pantai tersebut.


"Penemuan Anak Penyu atau Tukik yang baru menetas itu sudah disampaikan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi NTB serta sudah meminta izin untuk melakukan karantina selama beberapa hari terhadap penyu itu," ucap Direktur SLL, Qori Bayyinaturrosyi, kepada opsintb.com, Kamis sore (28/09/2023).


Lulusan magister Ilmu Pariwisata, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini menerangkan, tukik ini tak menetas di malam hari. Sehingga tidak langsung dilepasliarkan ke laut.


Namun jika mentas di malam hari, pihaknya membiarkan tukik tersebutlangsung ke lautan secara alami.


"Namun, karena kali ini menetas saat sore hari, kami inisiatif untuk karantina terlebih dahulu, untuk mengurangi resiko dari predator," jelasnya.


Pihaknya berencana bakal melepas anak penyu itu pada bulan Oktober 2023 mendatang. Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda.


"Temuan ini sudah kami koordinasikan dengan BKSDA NTB, dan kami sudah meminta izin untuk lakukan karantina, kemudian akan dilepasliarkan kembali ke habitatnya pada tanggal 28 Oktober 2023, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Rencananya kami akan melibatkan pengunjung milenial saat lalukan rilis," pungkasnya. 


Sebagai informasi, SLL punya tim khusus yang mengurus soal penyu ini. Mereka disebut Duta Penyu Sunrise Land Lombok yang sudah mendapatkan pelatihan langsung dari BKSDA NTB. 


BKSDA NTB juga sering melakukan pembinaan serta memberikan bantuan berupa peralatan kepada Duta Penyu SLL supaya lebih mudah dalam melakukan konservasi.


Keberadaan duta penyu itu juga selaras dengan visi SLL yang ingin mewujudkan sebuah tempat wisata sebagai ruang publik yang dijalankan dengan spirit Konservasi dan Ekonomi serta sesuai dengan perangkat kebudayaan masyarakat setempat. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama