Balap jaran Gubernur Cup akan kembali digelar di Arena Pacuan Kuda Sasake - OPSINTB.com | News References -->

08/06/23

Balap jaran Gubernur Cup akan kembali digelar di Arena Pacuan Kuda Sasake

Balap jaran Gubernur Cup akan kembali digelar di Arena Pacuan Kuda Sasake

Balap jaran Gubernur Cup akan kembali digelar di Arena Pacuan Kuda Sasake

OPSINTB.com - Event Balap Jaran Gubernur Cup akan kembali digelar di Lapangan Pacuan Kuda Sasake, Desa Sasake, Kecamatan Praya Tengah, Lombok Tengah (Loteng) 10-23 Juli mendatang. 


Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaluddin menjelaskan, event ini akan diikuti 600-700 kuda yang berasal dari wilayah NTB dan NTT. Event ini, kata Jamaluddin, akan melombakan seluruh kelas. Dari kelas bawah atau TK hingga kelas atas atau Derby.


''Nah! Total hadiah Rp 500 juta. Itu hadiah lomba pacuan kuda saja. Belum hadiah yang lain,'' kata Jamaluddin pada wartawan usai rapat persiapan di Ballroom Kantor Bupati Loteng, Kamis (8/6/2023).


Kata Jamaluddin, event Balap Jaran tahun ini akan diagendakan berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini, event ini akan diisi oleh event-event lain seperti lomba fotografi, parade kuda, pawai dan lain-lain. 


Terkait venue atau arena pacuan, Jamaluddin menegaskan, sudah tidak perlu diragukan lagi. Sebab, arena ini sudah dipakai pada tahun sebelumnya. Meski dirinya juga tak menampik akan ada sedikit perbaikan. Demikian pula dengan keselamatan para joki yang rata-rata berusia remaja. Panitia sudah merancang safety-nya.


''Memang perlu ada perbaikan-perbaikan untuk kita benahi. Termasuk keselamatan seluruh joki akan kami siapkan sebaik-baiknya,'' ungkapnya.


Jamaluddin menambahkan, event ini juga sebagai ajang persiapan NTB sebagai tuan rumah PON 2028. Sebab, pada ajang PON nanti, sebagi tuan rumah, NTB diwajibkan mengikuti seluruh kelas. 


Tak hanya fokus pada lomba pacuan kuda, panitia juga akan menata arena luar pacuan untuk mendongkrak keberadaan UMKM Loteng. Sebab, keberadaan UMKM juga akan menunjang kedatangan para wisatawan ke lokasi. 


Senada, Ketua Komite Olahraga Rekreasi Indonesia (Kormi) Loteng, Lalu Hizzi menyampaikan, lomba Balap Jaran kali ini akan diisi side event untuk menarik wisatawan. Hanya saja mengenai kesiapan, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Pemkab Loteng. 


Dia menjelaskan, pihaknya bersama Pemkab Loteng akan mengadakan rapat susulan lagi untuk memastikan kesiapan termasuk arena lintasan. 


''Ada sekitar 150 meter pagar pembatas yang harus diperbaiki. Termasuk juga lubang-lubang kecil di tengah lintasan yang harus ditata kembali,'' pungkasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama