HUT Tagana ke-19, Bupati Lotim: Terimakasih telah ikhlas mengabdi - OPSINTB.com | News References -->

29/05/23

HUT Tagana ke-19, Bupati Lotim: Terimakasih telah ikhlas mengabdi

HUT Tagana ke-19, Bupati Lotim: Terimakasih telah ikhlas mengabdi

 
HUT Tagana ke-19, Bupati Lotim: Terimakasih telah ikhlas mengabdi

OPSINTB.com - Upacara Peringatan HUT Tagana ke-19 tingkat Kabupaten Lombok Timur diselenggarakan Senin (29/5/2023) di halaman kantor bupati setempat. Hadir Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy sebagai inspektur upacara.  Peringatan HUT Tagana kali ini mengambil tema "Tagana untuk Resiliensi Masyarakat dalam Penanggulangan Bencana".

Bupati, sebelum menyampaikan sambutannya memberikan apresiasi kepada anggota Tagana yang hadir dari berbagai kabupaten/kota yang ada di NTB. Ia berharap kolaborasi, koordinasi dan semangat terus ditingkatkan.

Penanggulangan bencana disebut bupati merupakan upaya yang tidak dapat diketahui kapan dimulai dan kapan berakhir. Terlebih seiring perubahan iklim, pola mobilitas masyarakat, perubahan bentang alam dan tantangan lainnya, bencana semakin sering terjadi dan memiliki dampak yang semakin parah, utamanya dikawasan yang teridentifikasi sebagai rawan bencana.

Di daerah ini sendiri, sudah tercatat 77 kejadian bencana dengan dampak 174.506 kejadian bencana di NTB. Jumlah ini berdasarkan data BPBD  per 1 Januari - 10 Mei 2023.

Bupati pun menyampaikan terima kasih atas respons baik organisasi tersebut dalam memberikan layanan logistik, shelter, hingga fase pemulihan. Relawan Tagana dinilai telah menunjukkan keberanian, profesionalisme, dan kepedulian dalam melindungi dan membantu masyarakat saat membutuhkan.

Ia berharap seluruh anggota Tagana terus mengabdi dengan keikhlasan dan kecintaan kepada kemanusiaan, serta tidak lupa meningkatkan kolaborasi dan sinergi dengan semua pihak. Serta tidak lupa meningkatkan kapasitas dan skill dalam menghadapi bencana.

Pada upacara tersebut Kadis Sosial Kabupaten Lotim menyerahkan bendera pataka kepada Kadis Sosial Provinsi yang selanjutnya menyerahkan ke Kadis Sosial Kabupaten Bima. Selain itu diserahkan pula piagam penghargaan pembina Tagana terbaik kepada Bupati Lotim, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima dan Kepala Dinas Kabupaten Lotim.

Penghargaan tersebut diberikan atas komitmen, dukungan, dan perhatian terhadap Tagana di kabupaten masing-masing. Serta, dilakukan pula penyerahan bansos berupa kursi roda sebanyak lima unit kepada difabel dan masyarakat tidak mampu, di samping penyerahan hadiah lomba ketangkasan Tagana dalam rangka HUT Tagana ke-19 tingkat Provinsi. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama