Dewan sampaikan belasan rekomendasi ke Pemda Lotim - OPSINTB.com | News References -->

09/05/23

Dewan sampaikan belasan rekomendasi ke Pemda Lotim

Dewan sampaikan belasan rekomendasi ke Pemda Lotim

 
Dewan sampaikan belasan rekomendasi ke Pemda Lotim

OPSINTB.com - Sekda Kabupaten Lombok Timur, HM Juaini Taofik mewakili bupati pada penutupan rapat paripurna menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Lombok Timur tahun anggaran 2022, Selasa (9/5/2023) di Ruang Rapat Utama Kantor DPRD Lombok Timur.

Sebelumnya dalam laporan gabungan komisi DPRD Kabupaten Lombok Timur atas hasil pembahasan terhadap LKPJ Bupati Lombok Timur tahun anggaran 2022 yang disampaikan M Tohri Azhar diajukan 16 saran dan rekomendasi. Salah satu yang menjadi rekomendasi adalah terkait peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

Direkomendasikan bupati dapat menggerakkan OPD pengelola PAD agar lebih meningkatkan kinerjanya terutama penagihan obyek sumber-sumber PAD, termasuk upaya ekstensifikasi sumber-sumber potensial PAD.

Terkait PAD ini, gabungan komisi menyoroti lemahnya sistem pendataan pemutakhiran data, penggolongan, penetapan, pengolahan basis data sistem pembayaran/penagihan dan pelayanan lainnya kepada wajib pajak dan wajib retribusi. Karena itu direkomendasikan untuk melakukan reformasi administrasi perpajakan daerah dan memperbaiki basis data perpajakan.

Ditekankan pula perlunya peningkatan koordinasi dengan pemerintah pusat maupun provinsi terkait anggaran dana transfer. Disadari bahwa Pemda memiliki beban ganda karena selain meningkatkan porsi kemandirian anggaran, juga harus meningkatkan capaian yang telah diproyeksikan.

Gabungan komisi juga merekomendasikan evaluasi dan pengendalian secara berkala terhadap pelaksanaan pembangunan dan realisasi anggaran pembangunan sehingga dapat dipastikan bahwa seluruh perencanaan pembangunan dapat dinikmati oleh masyarakat. 

Kendati mengakui Pemda telah berhasil meningkatkan IPM dengan peningkatan harapan lama sekolah (HLS), rata-rata lama sekolah (RLS) serta peningkatan umur harapan hidup, termasuk pendapatan domestik regional bruto (PDRB) Gabungan Komisi  merekomendasikan agar bupati menyusun strategi terpadu peningkatan IPM dengan melibatkan semua pemangku kepentingan sehingga memiliki  daya ungkit yang lebih besar. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama