Ahmad sebut Duta Genre Desa bakal turut ambil bagian pengentasan kenakalan remaja - OPSINTB.com | News References -->

21/05/23

Ahmad sebut Duta Genre Desa bakal turut ambil bagian pengentasan kenakalan remaja

Ahmad sebut Duta Genre Desa bakal turut ambil bagian pengentasan kenakalan remaja

 
Ahmad sebut Duta Genre Desa bakal turut ambil bagian pengentasan kenakalan remaja

OPSINTB.com - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Lombok Timur melantik dan memberikan pembekalan Duta Genre Desa. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas, Sabtu (20/5/2023). 

Kepala DP3AKB, H. Ahmad, usai mendu langsung pembacaan ikrar pelantikan Duta Genre Desa kepada wartawan mengatakan, keberadaan organisasi ini bakal memberikan kontribusi dalam penurunan stunting dan pernikahan dini. Serta memiliki andil dalam penanganan masalah remaja lainnya, seperti narkotika dan seks bebas.

"Yang namanya remaja, sulit bercerita dengan orang yang lebih tua. Kalau dengan sebaya, mereka akan lebih terbuka," tutur H. Ahmad.

Lantaran itu, kata dia, organisasi tersebut digawangi oleh berasal dari remaja terbaik di tingkat desa yang telah lolos dalam proses seleksi. Ke depan tugasnya ialah memberikan edukasi kepada teman sebayanya tentang bahaya narkotika dan perkawinan anak.

Ahmad menuturkan, pihaknya juga berkolaborasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) untuk mendapat adminiatrasi kependudukan. 

"Masa kerja Duta Genre Desa juga dibatasi hanya satu tahun, agar mereka yang telah melewati batas usia diganti dengan yang remaja yang lebih muda," bebernya

Diakatakan Ahmad, kehadiran organisasi itu bukan merupakan hal yang baru.  Sebelumnya hal serupa disebutnya  telah ada di tingkat Provinsi dan Kabupaten. 

"Ini bukan hal yang baru. Kalau kemarin hanya ada di Provinsi dan Kabupaten, tapi kali ini hingga tingkat desa," terangnya.

Sementara, Kepala Perwakilan Wilayah Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) NTB, Lalu Makripuddin, mengatakan Duta Genre Desa dibentuk agar lahir generasi yang unggul, sehat, dan cerdas. Pihaknya menyadari, penyelesaian permasalahan di Lombok Timur menjadi tolak ukur penyelesaian masalah di NTB. Sehingga Pemerintah Provinsi memberikan perhatian khusus pada penangan permasalahan stunting serta faktor-faktor lain penyebabnya.

"Beberapa langkah nyata dukungan Pemprov seperti penambahan tenaga P3K dari BKKBN. Termasuk anggaran juga kita berikan," sebutnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur, HM. Juaini Taofik yang berkesempatan hadir mewakili Bupati dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya remaja-remaja terbaik sebagai Duta Genre.

"Saya titip ke kadis PMD untuk mengantar Duta Genre ke desa. Ini program pemerintah. Bukan program saing-saingan," pesannya. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama