Sukiman sayangkan masih ada warung makan buka di bulan puasa - OPSINTB.com | News References -->

09/04/23

Sukiman sayangkan masih ada warung makan buka di bulan puasa

Sukiman sayangkan masih ada warung makan buka di bulan puasa

 
Sukiman sayangkan masih ada warung makan buka di bulan puasa

OPSINTB.com - Pemda Kabupaten Lombok Timur melaksanakan peringatan Nuzulul Qur'an pada Sabtu (8/92023) atau bertepatan dengan 17 Ramadhan 1444 Hijriah, di Masjid Agung Al-Mujahidin Selong.

Tema besar peringatan Nuzulul Qur'an tahun ini adalah mengajak masyarakat untuk mengamalkan Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy dalam sambutannya mengajak agar jamaah yang hadir dalam peringatan tersebut merenungkan bagaimana selama ini masyarakat mempraktikkan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

Kaitan dengan itu ia melihat adanya degradasi atau penurunan sikap dalam masyarakat. 
Dicontohkannya bagaimana pada masa ini di bulan Ramadan orang justeru toleran terhadap yang tidak berpuasa, padahal di masa lalu justru yang tidak berpuasa toleran terhadap yang berpuasa. 

"Masa ini orang justeru toleran terhadap yang tidak berpuasa. Hal itu dapat kita dilihat dari masih adanya warung atau tempat makan yang buka kendati sudah ada edaran dari Pemerintah," ungkapnya.

Karena itu bupati meminta Satpol PP dapat lebih tegas melaksanakan tugasnya mengawal kebijakan Pemda. 

Menyangkut degradasi tersebut, Bupati mengkhawatirkan nilai-nilai seperti itu yang akan diwarisi generasi mendatang.
Di sisi lain Bupati Sukiman mengingatkan kemungkinan akan terjadinya perbedaan awal bulan syawal tahun ini. Seperti diketahui organiasi Muhammadiyah telah menetapkan awal Syawal jatuh pada Jumat (21/4) sementara Pemerintah masih menunggu keputusan sidang isbat, dan bisa saja 1 Syawal ditetapkan Sabtu (22/4). 

"Perbedaan semacam itu tidak boleh dipermasalahkan masyarakat. Masyarakat Lombok Timur harus tetap guyub dalam silaturahim," seru Sukiman.

Di ujung sambutan ia berharap agar seluruh jamaah dan masyarakat Lombok Timur umumnya mendapatkan keberkahan ramadan.

Hikmah Nuzulul Quran yang disampaikan singkat TGH Adnan Haris menyinggung implementasi Al-Quran dalam kehidup sehari-hari sebagai level tertinggi bagi ummat Islam dan mendapatkan tempat istimewa di sisi Allah, bahkan disebut sebagai "keluarga Allah" karena keistimewaannya. 

Pengamalan Al-Quran tersebut tidak secara tiba-tiba akan tetapi melalui sejumlah tahapan di mana tahap pertama adalah senang membaca dan mempelajari Al-Qur'an.

Ia melihat hal itu pun masih belum banyak dijumpai. Karena itu ia berharap peringatan Nuzulul Quran ini dapat mendorong masyarakat untuk lebih banyak membaca dan mempelajari Al-Qur'an, termasuk melalui terbentuknya komunitas-komunitas pencinta Al-Qur'an.

Kegiatan tersebut diikuti Forkopimda, Pimpinan OPD dan ASN lingkup Pemda Lombok Timur, serta masyarakat sekitar Masjid Agung Al-Mujahidin Selong.
(red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama