Sukiman ingatkan pentingnya menjaga kebersihan bagi seorang muslim - OPSINTB.com | News References -->

15/04/23

Sukiman ingatkan pentingnya menjaga kebersihan bagi seorang muslim

Sukiman ingatkan pentingnya menjaga kebersihan bagi seorang muslim

 
Sukiman ingatkan pentingnya menjaga kebersihan bagi seorang muslim

OPSINTB.com - Sampah masih menjadi momok yang sulit dituntaskan oleh pemerintah daerah. Salah satu sebabnya, upaya pemerintah tuntaskan persoalan sampah tak sejalan dengan kesadaran masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy pada Safari Ramadhan di Masjid Nurul Wathan Desa Anjani, Kecamatan Suralaga pada Jumat (14/4/2023).

Lebih lanjut bupati menjelaskan, penanganan sampah yang baik bukan dengan dibakar namun dipilah sampah organik dan non organik. Pada zaman dahulu, ungkapnya, orang-orang menggali lubang di halamannya untuk membuang sampah sehingga menjadi pupuk. Jika lubang sudah penuh akan dibuat lubang lainnya.

"Tapi saat ini masyarakat membuang sampah sembarang tempat sesuai keinginan tanpa memperhatikan tempat," ungkap bupati.

Ia menilai hal itu bukan disebabkan ketidakmampuan, melainkan nilai moralnya yang kurang sebab hanya memperhatikan kepentingan sendiri, yaitu lingkungannya bersih dan tidak peduli jika lingkungan orang lain kotor. 

Ia melihat di hampir setiap pinggir jembatan dan sungai menjadi tempat pembuangan sampah. "Hal itu tidak patut dilakukan, utamanya umat islam, sebab kebersihan dalam islam adalah setengah dari pada iman," pungkas Bupati Sukiman. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama