Lotim catatkan diri dengan gini rasio terbaik di NTB - OPSINTB.com | News References -->

11/04/23

Lotim catatkan diri dengan gini rasio terbaik di NTB

Lotim catatkan diri dengan gini rasio terbaik di NTB

 
Lotim catatkan diri dengan gini rasio terbaik di NTB

OPSINTB.com - Adagium yang berbunyi selesaikan Lombok Timur, selesai NTB nampaknya benar. Pasalnya daerah berjuluk Gumi Patuh Karya ini mencatatkan diri sebagai kabupaten dengan jumlah penduduk terbesar dari sepuluh kabupaten dan kota se Nusa Tenggara Barat.

Pada tahun ini Lombok Timur, kembali mencatatkan diri sebagai daerah dengan gini rasio dalam penuntasan kemiskinan terbaik. Beriringan dengan itu, Lotim menjadi salah satu daerah dengan pembanguan yang cukup merata.

"Dilihat dari angka kemiskinan, masih ada di angka 15,6 persen, akan tetapi indeks gini rasio Lombok Timur terbaik di NTB, ini menandakan pembangunan yang cukup merata," terang Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, HM Juaini Taofik, saat menghadiri Safari Ramadan di Masjid Dhiaul Yaqin Sukarara, Kecamatan Sakra Barat, beberapa waktu lalu.

Kondisi tersebut, kata Taofik, disebabkan pertanian masih menjadi sektor utama penopang ekonomi masyarakat. Lantaran itu dirinya mengajak untuk menjaga sektor tersebut.

Kaitan dengan angka kemiskinan, Sekda mengingatkan agar Kepala Desa maupun Camat untuk memastikan masyarakatnya memiliki identitas kependudukan. Selain adminduk harus dipastikan pula kepesertaan BPJS, utamanya untuk warga miskin. Dengan demikian pelayanan kesehatan terhadap mereka dapat lebih mudah.

Berkaitan dengan itu, terangnya, guna meningkatkan akses pelayanan kesehatan masyarakat, jumlah rumah sakit bertambah dari hanya satu menjadi lima.

"Satu masih dalam proses pembangunan yaitu Rumah Sakit Masbagik Baru, dan satu lagi akan segera diresmikan, yaitu Rumah Sakit Selaparang di Suela," pungkas Taofik. (kin)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama