Uji keahlian siswa, SMKN 2 Selong gelar UKK - OPSINTB.com | News References -->

02/03/23

Uji keahlian siswa, SMKN 2 Selong gelar UKK

Uji keahlian siswa, SMKN 2 Selong gelar UKK

 
Uji keahlian siswa, SMKN 2 Selong gelar UKM

OPSINTB.com - SMKN 2 Selong, Lombok Timur gelar Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi siswa yang akan menyelesaikan pendidikannya. Hal ini merupakan rangkaian dalam menguji keahlian para siswa.

Kepala SMKN 2 Selong, H Sahlan menyampaikan, untuk meyelesaikan proses pendidikan di sekolah kejuruan, siswa harus mengikuti UKK sebelum melanjutkan ke Ujian Akhir Sekolah (UAS). Sehingga menurutnya, UKK sendiri merupakan salah satu rangkaian yang sangat penting, untuk membuktikan bahwa siswa setelah lulus nantinya menjadi alumni yang kompeten di bidangnya.

"Keahlian mereka akan kita buktikan pada UKK ini," jelas H Sahlan kepada awak media, Rabu (01/03/2023).

Dalam UKK ini, jelas dia, menggunakan dua sistem, ada yang mandiri yakni menggandeng dari kalangan Industri Dunia Usaha dan dunia kerja (EDUKA), salah satu contoh Alfamart dan lain-lain. Kemudian kedua bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yaitu, LSP SMKN 1 Praya untuk jurusan Tata Boga, Tatabusana, Kemudian LSP SMKN 1 Lingsar untuk jurusan Perhotelan, dan terakhir LSP 2 Mataram untuk program Bisnis Management.

Setelah siswa selesai mengikuti UKK, maka akan diberikan sertifikat resmi dari BNSP melalui LSP tersebut, karena sertifikat ini berskala nasional, sebagai modal dasar para siswa nantinya untuk masuk di dunia kerja.

Namun khusus dari kelas Eduka, para siswa akan langsung ditarik untuk bekerja ataupun magang, sehingga sertifikatnya akan diberikan oleh Eduka itu sendiri, seperti alfamart dan sebagainya.

Dengan adanya sertifikat tersebut, jelas dia, tentu akan menumbuhkan kepercayaan perusahaan, saat siswa masuk di dunia kerja. di NTB sendiri, SMKN 2 Selong salah satu sekolah Kejuruan yang paling banyak serapan alumni dalam dunia kerja, bahkan banyak juga para alumni yang mandiri, dengan membuat usaha sendiri sesuai bidang Keahlian yang mereka miliki.

"Karena kita SMKN 2 Selong sudah memiliki mitra dengan semua Eduka yang berkaitan dengan jurusan yang ada di Sekolah ini, sesuai dengan salah satu strategi SMK Gemilang Karya yakni Link And Matc, agar setalah lulus sekolah siswa kami banyak terserap di dunia kerja," bebernya.

SMKN 2 Selong, lanjut H Sahlan, fokus di Program Bisnis, Manajemen dan Parawisata (BISMENPAR), semua jurusan ini harus di-Link kan pada dunia usaha, melalui Bursa Kerja Khusus (BKK), yang bertugas memetakan peluang-peluang kerja yang akan diambil oleh para siswa setelah menyelesaikan pendidikan di SMKN 2 Selong.

"Nanti di BKK inilah siswa-siswa kita akan mengetahui informasi seputar dunia kerja, makanya kami juga bekerjasama dengan Depnaker," pungkasnya. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama