SMKN 1 Keruak gelar UKK, siswa diharap jadi lebih mandiri - OPSINTB.com | News References -->

16/03/23

SMKN 1 Keruak gelar UKK, siswa diharap jadi lebih mandiri

SMKN 1 Keruak gelar UKK, siswa diharap jadi lebih mandiri

 
SMKN 1 Keruak gelar UKK, siswa diharap jadi lebih mandiri

OPSINTB.com - SMKN 1 Keruak melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) selama 3 hari, mulai 16-18 Maret 2023. UKK diikuti 6 kompetensi keahlian yang ada di SMKN 1 Keruak, yakni Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI), Nautika Kapal Niaga (NKN), Agribisnis Perikanan air Tawar (APAT), Agribisnis Pengolahan hasil Perikanan (APHPi), Multi Media (MM), dan Wisata Bahari dan Ekowisata (WBE).

Kepala SMKN 1 Keruak, Mahmuza menjelaskan, pelaksanaan UKK tahun ini dilaksanakan berbeda dari tahun sebelumnya. Dimana pada tahun ini UKK tidak dilaksanakan serentak tapi disesuaikan dengan kesiapan penguji eksternal yang ada.

"Hari Kamis tanggal 16 Maret 2023 ada tiga kompetensi keahlian yang melaksanakan UKK, yaitu KK NKPI, APAT dan WBE. Sedangkan sisanya yaitu NKN, APHPi dan MM dilaksanakan mulai tanggal 20-21 Maret 2023," ujarnya.

Ia menjelaskan, materi UKK yang diberikan kepada peserta didik kelas XII adalah materi yang sesuai dengan kompetensi masing-masing. Setiap kompetensi menyiapkan UKK yang relevan sebagai ujian untuk peserta didik dalam membuktikan penguasaan dan pemahaman mereka terhadap materi yang telah diterima selama di SMKN 1 Keruak. "Pada kesempatan pertama ujian ini Alhamdulillah semua siswa hadir tanpa halangan. Berikut adalah rincian materi dan penguji masing-masing kompetensi keahlian," imbuhnya.

"Dengan adanya UKK ini, kita harapkan siswa menjadi mandiri setelah lulus dari sekolah SMKN 1 Keruak dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan," harapnya.

Dengan adanya UKK ini, Mahmuza tidak henti memberi motivasi kepada seluruh peserta didik agar semangat dan percaya diri atas kemampuan yang dimiliki. 2 tahun 8 bulan bukanlah waktu yang singkat untuk belajar melainkan menjadi kesempatan luar biasa untuk menjadi pribadi yang memahami dan menguasai kompetensi di masing-masing jurusan keahlian yang diambil.

"Semoga UKK Tahun Pelajaran 2022/2023 di SMKN 1 Keruak berjalan dengan lancar dan sukses. Dan seluruh peserta didik meraih kelulusan dengan nilai terbaik dengan predikat sangat kompeten di kompetensi masing-masing," harapnya. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama