Sekda pastikan Pilkades serentak Lombok Timur 2023 berjalan aman - OPSINTB.com | News References -->

14/03/23

Sekda pastikan Pilkades serentak Lombok Timur 2023 berjalan aman

Sekda pastikan Pilkades serentak Lombok Timur 2023 berjalan aman

 
Sekda pastikan Pilkades serentak Lombok Timur 2023 berjalan aman

OPSINTB.com - Sekda Kabupaten Lombok Timur, HM Juaini Taufik monitoring persiapan Pilkades serentak 2023 ke sejumlah desa, salah satunya di Desa Padamara, Selasa malam (14/03/2023).

Sekda mengatakan, monitoring dilakukan sebagai upaya maksimal mempersiapkan Pilkades serentak, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. "Kita pastikan 550 TPS telah siap melaksanakan pemungutan suara Pilkades serentak 2023 esok," ungkapnya.

Dijelaskannya, terkait tingkat pengamanan dalam Pilkades serentak, Pemda sudah melakukan koordinasi dengan TNI-Polri untuk memastikan gelaran Pesta demokrasi di tingkat desa ini aman dan kondusif, walaupun Kapolres Lombok Timur telah memberikan assessment sesuai informasi dari Kapolda NTB, kalau 53 desa yang akan melaksanakan Pilkades dianggap rawan.

"Kalau dulu kan kita katakan aman-aman saja, kalau sekarang semua kita anggap rawan, supaya kita tidak meremehkan untuk antisipasi. Yang perlu diingat bahwa aparat sudah melakukan persiapan pengamanan maksimal," bebernya.

Karena menurutnya, kalau dinilai secara umum Pilkades 2023 ini dekat dengan Pileg, sehingga rawan terjadi konflik walaupun ada juga faktor-faktor lain. Karena itu perlu langkah-langkah preventif untuk mengantisipasi hal tersebut.

Dari hasil monitoring sejauh ini, lanjut Sekda, di beberapa desa masih banyak masyarakat yang masih bingung terkait E-KTP, karena ada beberapa masyarakat yang masih belum merubah alamatnya, namun hal itu bukan masalah sehingga mereka tetap dapat memberikan hak suaranya.

"Karena mungkin ada beberapa masyarakat yang baru menikah sehingga belum merubah alamatnya, namun yang perlu diingat DPT sudah ditentukan berdasarkan hasil musyawarah, kalau secara hukum adminstrasi negara apa yang sudah diparipurnakan di dalam musyawarah itulah hukum tertinggi," tegasnya.

Maka dari itu, pria yang akrab disapa Kak Ofik ini berpesan kepada seluruh Panitia Pilkades di Lombok Timur, betul-betul melakukan koordinasi dengan pihak kabupaten secara mobile, yakni dengan memanfaatkan smart Phone masing-masing, jika ditemukan masalah di lapangan.

"Kita sarankan mereka menggunakan Video Call untuk berkonsultasi agar kita tau orangnya, terutama nanti saat penghitungan suara karena itu sangat rawan," tandasnya.

Sesuai dengan arahan Bupati Lombok Timur, Sekda juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas, karena kunci Pilkades ini ada pada masyarakat, pemerintah hanya bertugas untuk memfasilitasi.

Karena dengan Pilkades lah jelas Sekda, legitimate pemimpin desa itu akan lahir. Sehingga apa yang sudah diimbau oleh bapak bupati untuk menjaga keamanan, kondusifitas dan mengembalikan semua persoalan nantinya terhadap regulasi yang ada, sebab dengan inilah Pilkades bisa berjalan

"Andaipun jika ada hal-hal yang timbul nanti, tentunya karena negara kita negara hukum, ada ruang-ruang untuk menyelesaikannya sesuai dengan UU yang berlaku," pungkasnya. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama