Pemkab Loteng siap cetak dokter penghafal Al-Qur'an - OPSINTB.com | News References -->

09/03/23

Pemkab Loteng siap cetak dokter penghafal Al-Qur'an

Pemkab Loteng siap cetak dokter penghafal Al-Qur'an

 
Pemkab Loteng siap cetak dokter penghafal Al-Qur'an

OPSINTB.com - Rencana Pemkab Lombok Tengah untuk menyekolahkan anak yatim penghafal Al-Qur'an di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (Unram) bakal segera terwujud. Mulai bulan depan, Pemkab Lombok Tengah akan mulai melakukan seleksi.

''Jadi bulan depan ini sudah mulai tes. Kita akan kuliahkan 10 orang penghafal Al-Qur'an untuk menjadi dokter,'' kata Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri, Kamis (9/3/2023).

Pemkab Lombok Tengah melalui Yayasan Yatim Tersenyum yang dikelola langsung Pathul Bahri telah menyiapkan dana Rp 2,4 miliar. Uang tersebut mulanya akan dibagikan kepada 12 ribu orang anak yatim pada acara Rahman Rahim Day setiap 10 Muharram, tetapi setelah melakukan diskusi dengan pembina yayasan, disepakati uang tersebut akan dipergunakan untuk menyekolahkan anak yatim.

''Begitu nanti yang 10 orang ini tamat jadi dokter, dialah yang akan merawat yatim-yatim yang jumlahnya 12 ribu orang lebih di Lombok Tengah,'' ujar Pathul Bahri.

Kata Pathul, adapun untuk pendanaan pada tahun-tahun berikutnya tak perlu dikhawatirkan. Sebab seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan kepala dusun (kadus) dikordinir kepala desa masing-masing, diminta untuk menyumbang (bersedekah) Rp 5 ribu perbulan.

Jika ditotal, sebut Pathul, dana dari sumbangan para ASN dan kadus akan terkumpul sebanyak Rp 100 juta/bulan. Dan, jika dikalikan 12 bulan, akan terkumpul dana Rp 1,2 miliar. 

Adapun sebagai bentuk keseriusan dan keberlanjutan hajatan ini, Pemkab Lombok Tengah sudah mempersiapkan tanah untuk membangun klinik kesehatan yang kelak akan dinamai 'Klinik Peduli Yatim'.

''Maka kami mohon; ikhlaskanlah yang Rp 5 ribu itu untuk kebaikan kita bersama,'' imbuhnya.

Selain itu, Pemkab Lombok Tengah pada 14 Februari 2023 lalu telah melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan pihak Unram. Dan, pihak Unram pun telah menyepakati untuk memberikan kemudahan dan siap menerima 10 orang penghafal Al-Qur'an untuk diterima di Fakultas Kedokteran.

''Kami sudah diskusi banyak dengan mereka. Teknisnya juga sudah kami diskusikan dengan Unram,'' pungkasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama