Pemdes Semoyang dukung pelatihan blending tembakau di IKM Pemban Aji - OPSINTB.com | News References -->

14/03/23

Pemdes Semoyang dukung pelatihan blending tembakau di IKM Pemban Aji

Pemdes Semoyang dukung pelatihan blending tembakau di IKM Pemban Aji

 
Pemdes Semoyang dukung pelatihan blending tembakau di IKM Pemban Aji

OPSINTB.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Semoyang, Kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah mengadakan kegiatan pendidikan dan pelatihan tekhnis blending (pencampuran) tembakau di industri kecil menengah (IKM) Pemban Aji desa setempat, Selasa (14/3/2023).

Pelatihan dipimpin langsung oleh seorang narasumber yang didatangkan langsung dari Malang, Jawa Timur.

''Pendidikan dan pelatihan blending tembakau ini diharapkan mampu memberikan skill profesional dalam meracik tembakau dengan bahan dasar yang tersedia sampai menjadi rokok yang mampu bersaing dengan produk rokok ternama lainnya,'' terang Kades Semoyang, Zulkarnaen saat dikonfirmasi.

Adapun para peserta pendidikan dan pelatihan ini diikuti oleh para anggota IKM Pemban Aji dan dihadiri langsung oleh narasumber dan pendamping desa. Hal itu untuk memastikan program pelatihan ini berjalan sesuai dengan harapan.

Dijelaskan Zulkarnaen, kemampuan dalam blending tembakau merupakan kunci dasar dalam peracikan tembakau sebagai produk hasil tangan masyarakat yang tergabung dalam IKM Pemban Aji. 

Pemdes Semoyang selaku penyedia anggaran mendukung tenaga kerja di IKM Pemban Aji untuk meningkatan skill, khususnya pada bidang pengolahan tembakau.

''Program pelatihan ini juga diharapkan akan melahirkan ruang advokasi IKM se-Desa Semoyang dalam mengembangkan usaha pertanian yang fokus terhadap tembakau serta produk turunannya,'' pungkasnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB sudah membangun Sarana Industri Tembakau (SIT) di Dusun Batu Gulung, Desa Semoyang. Adapun untuk mendukung kegiatan pemprov itu, Pemdes Semoyang sudah menyediakan lahan seluas 8 hektare untuk pembangunannya.

Pembangunan SIT adalah sesuai rencana Pemprov NTB yang bertujuan mewujudkan Desa Semoyang sebagai tempat pengolahan ''emas hijau'' ini di kawasan Lombok Tengah. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama