KPU harapkan gen Z menjadi pemilih cerdas - OPSINTB.com | News References -->

15/03/23

KPU harapkan gen Z menjadi pemilih cerdas

KPU harapkan gen Z menjadi pemilih cerdas

 
KPU harapkan gen Z menjadi pemilih cerdas

OPSINTB.com - Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Tengah, Adnan Muksin berharap generasi Z menjadi pemilih yang cerdas pada penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang. Hal itu diharapkannya karena masa depan bangsa ini dalam lima tahun ke depan berada di tangan mereka.

''Pemilih yang cerdas ini kan memahami siapa calonnya, tata caranya, dan sebagainya,'' kata Adnan pada wartawan, Rabu (15/3/2023).

Adnan menilai keikutsertaan gen Z dalam mengikuti pemilihan dan atau menjadi penyelenggara pemilu merupakan media edukasi gen Z dalam berpolitik dan berdemokrasi. Sebab melalui penyelenggaraan pemilu, mereka telah mempraktikkan idealisme yang mereka telah dapatkan di bangku kuliah.

''Ini (Pemilu) kan sebagai media edukasi politik dan media edukasi mereka berdemokrasi. Di sanalah seolah-olah mereka melakukan praktek terhadap apa yang sudah diperoleh di ruang kampus,'' imbuhnya.

Terkait jumlah pemilih pemula di daerah ini, pihaknya sedang melakukan pengolahan data yang hasilnya akan diketahui setelah pleno 30-31 Maret mendatang. Namun sesuai konsep kebijakan KPU dengan konsep ''de jure-nya'', pihaknya meyakini jumlah pemilih pemula akan meningkat pada saat Pemilu 2024 mendatang.

''Konsep ''de jure'' ini, di mana KTP dan atau KK terdaftar, di sanalah pemilih itu didata,'' ujar Adnan.

Lanjut Adnan, bagi pemilih pemula pendataan dilakukan dengan menggunakan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4 ). Data tersebut kemudian digabungkan oleh petugas dan itulah yang menjadi daftar pemilih awal yang ditetapkan oleh pantarlih.

''Pemilih pemula ialah pemilih yang pada sebelum pemilu berlangsung usianya genap atau lebih dari 17 tahun,'' pungkasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama