Inen Gumi, persembahan untuk sukseskan WSBK Mandalika 2023 - OPSINTB.com | News References -->

02/03/23

Inen Gumi, persembahan untuk sukseskan WSBK Mandalika 2023

Inen Gumi, persembahan untuk sukseskan WSBK Mandalika 2023

 
Inen Gumi, persembahan untuk sukseskan WSBK Mandalika 2023

OPSINTB.com - Sukseskan Event World Superbike (WSBK) 2023 yang akan berlangsung pada tanggal 3-5 Maret 2023 di Sirkuit Mandalika, Pemprov NTB akan mempersembahkan pertunjukan kolosal "Inen Gumi" yang akan melibatkan sebanyak 210 pegiat seni dan budaya dari 10 Kabupaten/Kota di Provinsi NTB. 

"Puncak dari pertunjukan seni dan budaya ini akan ditutup oleh persembahan INEN GUMI," tutur Ketua BPPD NTB, Baiq Ika Wahyu Wardani pada konferensi pers yang berlangsung di Kantor BPPD NTB, Rabu (01/03/2023). 

INEN GUMI adalah sebuah pertunjukan kolosal yang akan melibatkan sekitar 210 orang pegiat seni dan budaya dari 10 Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi NTB. 

Mba Ika sapaan akrabnya, yang juga merupakan konseptor dari pertunjukan tersebut menjelaskan, pertunjukan kolosal INEN GUMI menyiratkan pesan bahwa dalam kehidupan bermasyarakat, tentunya tidak luput dari berbagai macam konflik, perseteruan dan bahkan pertikaian yang akan diilustrasikan melalui duel Gendang Beleq dan Peresean. 

"Agar bisa terbebas dari konflik dan perseteruan tersebut, diperlukan kesadaran diri yang tinggi bahwa musuh yang sesungguhnya ada di dalam diri kita masing masing. Untuk dapat mencapai kesadaran tersebut, bumi dan juga isinya, termasuk kita, perlu di-sembek gumi atau Berkati Bumi dalam bahasa Indonesia. Situasi ini akan digambarkan melalui Ritual Penyembek," tambahnya. 

Ia juga menambahkan, bahwa ketika bumi dibaluti dengan kedamian makan akan terciptanya sebuah keindahan dan masyarakat akan hidup dalam kebahagiaan. 

"Ketika bumi dan manusia sudah mulai berdamai, dunia akan diselimuti dengan keindahan dan masyarakat hidup dalam  kebahagiaan yang akan diilustrasikan melalui Tari Cilinaya," ungkapnya. 

Selain itu, panggung hiburan akan terbagi di dua lokasi, Lombok Sumbawa Fair akan mempersembahkan musik hiburan yang menampilkan banyak artis  lokal NTB yang sudah mendapatkan rekognisi nasional seperti Desy Natalia X Factor, Abhy Summer, Gita KDI, The Datu, Amtenar, Wet Band, Gokil Boys, Tanaman Kaktus, Discopanthera dan band legendaris, Jamrud. 

"Berlokasi di Festival Stage, para artis tersebut siap menghibur para penonton dengan lagu-lagu hits mereka," ucapnya. 

Sementara itu di lokasi Paddock, Pit Walk dan Starting Grid, berbagai pertunjukan kesenian dan budaya siap membawa penonton hanyut ke dalam nuansa keindahan seni dan tradisi yang telah membentuk jati diri masyarakat Nusa Tenggara Barat. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama