Dilanda angin kencang, pohon beringin timpa ruang kelas MIN 4 Loteng - OPSINTB.com | News References -->

28/03/23

Dilanda angin kencang, pohon beringin timpa ruang kelas MIN 4 Loteng

Dilanda angin kencang, pohon beringin timpa ruang kelas MIN 4 Loteng

 
Dilanda angin kencang, pohon beringin timpa ruang kelas MIN 4 Loteng

OPSINTB.com - Dua ruang kelas MIN 4 Lombok Tengah rusak parah setelah tertimpa pohon beringin yang tumbang akibat terjangan angin puting beliung yang terjadi pada Minggu (26/3/2023).

Kepala Sekolah MIN 4, Zulhadi mengatakan, dua ruang kelas yang tertimpa pohon beringin itu ialah ruang belajar kelas II A dan II B. Kerusakan yang ditimbulkan menyebabkan pihaknya tidak bisa melakukan aktivitas belajar mengajar, sehingga pihaknya mencari alternatif dengan memindahkan siswanya ke ruang perpustakaan dan mushalla sekolah.

''Ya alternatifnya di ruang perpustakaan dan mushalla sekolah. Antisipasi kami untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Namanya juga anak-anak lari kesana kemari,'' kata Zulhadi pada wartawan, Senin.

Zulhadi menuturkan, pohon beringin yang sudah belasan tahun tumbuh di halaman sekolah tersebut tumbang selepas zuhur. Saat itu, hujan deras dan angin kencang menerjang sekolahnya.

Tak hanya itu, atap rumah belasan warga yang lokasinya berdekatan dengan MIN 4 juga ikut berterbangan setelah tersapu angin kencang. 

Sampai dengan saat ini, pihaknya pun telah melaporkan kejadian itu ke Kemenag Lombok Tengah. Adapun, dua ruang kelas yang tertimpa pohon beringin, kata dia, akan direhab total dan diperkirakan akan menelan anggaran lebih kurang ratusan juta rupiah.

''Kami langsung laporkan hari ini dan sudah mendapatkan respon dari Kemenag,'' ujar Zulhadi.

Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kemenag Lombok Tengah, Lalu Sahdi menyatakan sudah menindaklanjuti laporan pihak MIN 4. Dijelaskan, kini pihaknya sudah menerima perintah lanjutan dari Kakanwil Kemenag NTB untuk segera membuatkan kronologi kejadian. Hal itu dimaksudkan untuk mempercepat proses tindakan ataupun bantuan dari Kemenag NTB.

Selain itu, pihaknya kini sangat membutuhkan bantuan seperti alat pemotong kayu atau cinsau. 

''Kami diminta untuk segera membuatnya kronologi kejadiannya. Mudah-mudahan segera mendapat respon cepat dari Kakanwil Kemenag NTB,'' katanya.

Sementara, Kalak BPBD Lombok Tengah, Ridwan Ma'ruf saat dikonfirmasi siang tadi menyatakan, pihaknya belum mendapatkan laporan dari pihak sekolah atau kepala desa baik melalui telepon maupun surat.

Namun, Ridwan Ma'ruf menyatakan kesiapannya untuk segera melakukan evakuasi pohon beringin yang tumbang tersebut ba'da magrib atau usai berbuka puasa.

''Kami belum dapat laporan, tapi kalau ada lapisan masuk seperti ini, kami usahakan usai berbuka puasa kami evakuasi pohonnya,'' tukas Ridwan Ma'ruf. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama