7 zat gizi yang dibutuhkan tubuh setiap hari - OPSINTB.com | News References -->

12/03/23

7 zat gizi yang dibutuhkan tubuh setiap hari

7 zat gizi yang dibutuhkan tubuh setiap hari

 
Ini 7 zat gizi yang dibutuhkan tubuh setiap hari

OPSINTB.com - Sahabat opsintb, memiliki tubuh yang sehat adalah dambaan semua orang. Dengan tubuh yang sehat, segala aktivitas akan berjalan dengan lancar. 

Namun untuk menjaga tubuh tetap sehat, tak cukup hanya dengan berolahraga. Asupan makanan yang sehat serta gizi seimbang juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita.

Demikian dikatakan Nutrisionis Rumah Sakit Mandalika Lombok Tengah, Bq Pina Dwi Hartati dalam akun IG-nya yang diunggah, Minggu (12/3/2023).

Dia menyebut, untuk menjaga tubuh tetap sehat, ada tujuh macam zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Apa saja itu?

1. Karbohidrat sebagai sumber energi

Umumnya, asupan karbohidrat yang disarankan adalah sekitar 45 persen dari total kalori. Jika kebutuhan kalori sobat opsintb sebesar 1,800 kkal, maka karbohidrat yang dibutuhkan adalah 200-225 gram.

2. Protein untuk pertumbuhan

Ia menjelaskan, protein dibagi menjadi dua jenis yaitu protein hewani yang bisa didapat dari mengkonsumsi daging, ikan, telur, dan susu. Kemudian ada protein nabati yang dapat diserap dengan mengkonsumsi produk tumbuhan, seperti tahu, tempe, hingga kacang-kacangan.

3. Lemak untuk menyerap nutrisi

Lemak memiliki berbagai macam fungsi. Di antaranya: sebagai sumber energi, membantu tubuh menyerap vitamin, membangun sel tubuh, membangun hormon, pelindung organ, dan dapat memberikan rasa lezat

4. Vitamin untuk merawat tubuh

''Ada beberapa vitamin yang bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh, sehingga asupannya wajib dikonsumsi. Seperti vitamin C dengan mengkonsumsi buah-buahan,'' paparnya.

5. Mineral untuk mendukung fungsi tubuh

Kata dia, mineral sangat penting untuk mendukung fungsi tubuh. ''Mulai dari membantu melawan infeksi, menjaga kekuatan tulang, hingga mengatur hormon,''.

6. Serat untuk kelancaran metabolisme

Seperti halnya vitamin C, serat juga dapat diperoleh dari buah dan sayuran. Serat sangat baik untuk memperlancar BAB.

7. Air untuk menghindari dehidrasi

Kurang minum air dapat menyebabkan kehilangan cairan yang pada akhirnya terjadi penurunan volume darah. Kurangnya darah yang terhidrasi dapat menghambat penyebaran oksigen dan nutrisi ke seluruh sel-sel tubuh.

''Jika ini terjadi pada tubuh kita, kita akan mengalami kelelahan,'' tutupnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama