Program zero waste, Wagub: NTB is on the right track - OPSINTB.com | News References -->

21/02/23

Program zero waste, Wagub: NTB is on the right track

Program zero waste, Wagub: NTB is on the right track

 
Program Zero Waste, Wagub: NTB is on the right track

OPSINTB.com - Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalilah mengatakan, program zero waste atau bebas sampah di NTB sudah berjalan dengan baik. Mengapa bisa demikian? 

Rohmi mengatakan, sejak program zero waste digalakkan pada 2018, jumlah sampah yang sudah terkelola sudah mencapai 50 persen lebih. Jumlah ini meningkat 30 persen dari awal program ini digalakkan, yaitu 20 persen.

''Nah ini luar biasa. Dan, kalau kita berbicara pembangunan di bidang lingkungan tidak seperti membalik telapak tangan. Tidak bisa 1-2 tahun lebih,'' kata Rohmi pada wartawan di Praya, Lombok Tengah, Senin (20/2/2023).

Rohmi mencontohkan negara-negara maju seperti di Eropa maupun belahan dunia lain membutuhkan 50 tahun lebih untuk membangun lingkungannya.

''Dan, kita sudah pada jalur yang benar. Insya Allah 2023 ini kita akan bangun pabrik pengolahan sampah di Kebon Kongok,'' sambungnya.

Pabrik tersebut nantinya akan menghasilkan pelet sebagai bahan baku PLTU Jeranjang. Jadi, PLTU tersebut yang sebelumnya menggunakan batu bara sebagai bahan bakar, akan beralih menggunakan pelet yang berbahan sampah.

Di samping itu, terang Rohmi, program zero waste juga menyasar pembuatan pabrik bata plastik.

''Insya Allah 2023 ini akan selesai,'' terangnya.

NTB, sebut Rohmi, juga mendapat perhatian banyak kalangan dengan komitmennya menurunkan emisi gas kaca. Karena itu, ke depan ia mendorong kantor, sekolah, dan tempat layanan umum untuk memasang solar panel di atap.

''Agar sudah tidak ada polusi, asap, maupun sampah. Makanya kita dorong publik service ini untuk menggunakan energi terbarukan, step by step,'' sebut Rohmi.

Atas langkah ini, ia sering diundang ke negara-negara Eropa mewakili Provinsi NTB untuk berbicara tentang masalah ini.

Kata Rohmi, di NTB beberapa perusahaan besar sudah mulai menggunakan energi terbarukan. Seperti PT AMNT di Sumbawa; perusahaan tersebut sudah mulai mengganti bahan baku dari batu bara ke tongkol jagung dan sekam padi yang lebih alami dan mudah diperoleh di daerah ini.

''NTB ini sudah jalan. Makanya banyak provinsi lain yang belajar di NTB. Tekad kita bagaimana menggunakan energi terbarukan supaya udara ini bersih melalui program zero waste, reenable energi, dan penanaman pohon,'' pungkasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama