Sekda Lotim tekankan Latsar jadi fondasi karir ASN - OPSINTB.com | News References -->

24/01/23

Sekda Lotim tekankan Latsar jadi fondasi karir ASN

Sekda Lotim tekankan Latsar jadi fondasi karir ASN

 
Sekda Lotim tekankan Latsar jadi fondasi karir ASN

OPSINTB.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, HM Juaini Taofik membuka pelatihan dasar (Latsar) CPNS golongan II dan III angkatan III, IV dan V Kabupaten Lombok Timur tahun anggaran 2023. Latsar diikuti 95 peserta dan diselenggarakan pada Selasa (24/1/2023) di Pendopo Bupati. 

Latsar bertujuan mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat, motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul, bertanggung jawab dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.  

Membuka sambutannya Juaini menceritakan keberadaan sebagai ASN saat ini tidak lagi sekadar bentuk pengabdian mengingat profesi ini terus berkembang. Karena itu ASN juga dituntut profesional, termasuk para CPNS yang mengikuti Latsar ini. 

Sekda juga mengingatkan tujuan pelaksanaan Latsar, termasuk menanamkan core values ASN adalah berakhlak. Ia kemudian menguraikan satu persatu core values tersebut yaitu berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. "Kata kuncinya adalah atas nama pelayanan PNS ini ada," kata dia.

Sementara akuntabel digambarkan sebagai sikap tingkah laku yang didasari aturan yang bisa dipertanggungjawabkan. Sedangkan terkait kompeten, ia yakin para peserta sudah memenuhi hal itu karena sudah berhasil melewati berbagai tes dan menjadi peserta terbaik diantara yang terbaik.  

Selanjutnya harmonis diterjemahkan sebagai kemampuan menciptkan dan menjaga kondisi nyaman di lingkungan kerja masing-masing. Nilai berikutnya adalah loyalitas. Terkait ini Sekda mengingatkan bahwa seorang ASN sudah seharusnya loyal kepada pimpinan dan lebih tinggi lagi kepada NKRI.

Menyinggung adaptif, ASN, jelas Sekda, harus mampu beradaptasi kaitannya dengan tugas dan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Terakhir, kolaboratif, dimaknai sebagai kemampuan bekerja sama dengan berbagai pihak guna memberikan pelayanan yang lebih baik. 

"Semoga Latsar yang merupakan kerja sama dengan BPSDMD Provinsi NTB ini mampu menjadi fondasi dalam perjalanan karir para peserta sebagai ASN ke depan," harap Sekda.

Menyambung Sekda, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi NTB, H Azhari menambahkan bahwa core values ASN bertujuan memakmurkan masyarakat. Ia juga menaruh harap agar peserta menjunjung tinggi core values tersebut untuk diaplikasikan dalam tugas dan pengabdian.

Disaksikan pimpinan OPD lingkup Pemda Kabupaten Lombok Timur yang hadir pada kesempatan tersebut, Sekda menyematkan tanda peserta secara simbolis  kepada dua orang peserta Latsar. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama