Kadis Dikbud Lotim inspeksi sekolah satu atap di Pulau Maringkik - OPSINTB.com | News References -->

12/01/23

Kadis Dikbud Lotim inspeksi sekolah satu atap di Pulau Maringkik

Kadis Dikbud Lotim inspeksi sekolah satu atap di Pulau Maringkik

 
Kadis Dikbud Lotim inspeksi sekolah satu atap di Pulau Maringkik

OPSINTB.com - Kadis Dikbud Lombok Timur, Izzuddin didampingi Kanit Dikbud Kecamatan Keruak, Mastur menyeberang laut melalui Dermaga Telong-elong menuju Pulau Maringkik, Kecamatan Keruak untuk memantau langsung situasi Sekolah Satu Atap (SATAP) yang ada di pulau tersebut, Rabu (11/1/2023).

Kepala Sekolah Satap Maringkik, Jumahar dalam kata penerimaannya mengaku, kedatangan Kepala Dinas ke sekolah yang dipimpinnya seperti merasa mendapat anugrah luar biasa. Jumahar mengutarakan hal itu karena saking jarangnya Kepala Dinas sebelumnya mau datang ke sekolah Satap di desa pulau pecahan dari Desa Tanjung Luar ini. 

"Kadis sebelumnya sebatas janji akan berkunjung ke tempat kami, namun kami dan kawan-kawan sebatas menanti hingga pergantian kepala dinas tak kunjung terealisasi, baru sekarang Kadis baru Pak Izzuddin menjadi nyata. Untuk itu kepada Pak Kadis mohon dapat memberikan arahan atau petunjuk," ulas Jumahar.

Mengawali arahannya, Izzuddin menyitir salah satu hadist sebagai spirit bagi para guru. Hadist tersebut yang artinya "Sesungguhnya seluruh mahluk di antara langit dan bumi mendoakan orang yang berbuat kebaikan untuk orang lain". Salah satunya niat mendidik ummat agar terlepas dari kebodohan. "Tanamkan niat ikhlas itu tampa rasa lelah agar bernilai ibadah dan mendapatkan kemuliaan," imbaunya.

Kadis mendorong agar para guru menjadi tauladan yang terbaik bagi anak didik. Anak didik akan mencontoh sikap guru, seperti orang tua terhadap anak-anaknya, akan berperilaku meniru perilaku orang tua. "Untuk itu kepada rekan-rekan guru agar senantiasa melaksanakan tugas pengabdian tidak hanya bermotif karena ada gaji atau honor sehingga tidak hanya mendapat imbalan dunia namun juga imbalan akhirat," imbuhnya.

Selepas itu, Izzuddin meminta para guru satu-persatu menyampaikan kondisi dan keluhan yang dialaminya secara pribadi terkait dinamika tugas di sekolah Satap Maringkik ini. Para guru yang diberi kesempatan curhat oleh pimpinan kedinasannya, tanpa canggung mengutarakan dilema yang mengganjal selama bertugas dengan tiap hari harus menyeberang laut.

Atas berbagai keluhan para guru di tempat itu. Kadis mengaku sangat memakluminya, sehingga Kadis berjanji akan mempertimbangkan semua keluhan atau usulan para pahlawan tanpa tanda jasa terutama yang datang dari jauh dan sudah terlalu lama bertugas di desa yang merupakan satu-satunya desa pulau di Lombok Timur itu.

Beberapa guru di tempat itu dijanjikan untuk dipindah-tugaskan ke sekolah-sekolah yang tidak terlalu jauh dengan tempat tinggalnya. Dan Kadis berjanji akan memprioritaskan mengangkat guru GTT para sarjana pendidikan yang berasal dari desa setempat sesuai usulan Pemdes Pulau Maringkik atas aspirasi sejumlah tokoh masyarakat. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama