Program Power to Youth diharapkan tekan angka perkawinan anak di Lombok Tengah - OPSINTB.com | News References -->

13/12/22

Program Power to Youth diharapkan tekan angka perkawinan anak di Lombok Tengah

Program Power to Youth diharapkan tekan angka perkawinan anak di Lombok Tengah

 
Rutgers Indonesia

OPSINTB.com - Kasus pernikahan dini dan kekerasan terhadap anak di Kabupaten Lombok Tengah terbilang cukup tinggi. Untuk itu, Rutgers Indonesia melalui Program Power to Youth terus berupaya melakukan pencegahan.

Koordinator Kabupaten Program Power to Youth Rutgers Lombok, Erna Wahyuningsih menjelaskan, dipilihnya Kabupaten Lombok Tengah ke dalam program ini disebabkan daerah ini menduduki peringkat kedua di NTB dalam kasus pernikahan dini, kehamilan, dan kekerasan terhadap anak.

''Memang angka perkawinan anaknya, angka kehamilan remajanya, dan kasus kekerasannya tertinggi kedua di Pulau Lombok,'' jelas Erna saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (13/12/2022).

Sementara dalam program ini, ada empat desa yang diintervensi Rutgers. Keempat desa tersebut adalah Desa Labulia dan Jelantik, Kecamatan Jonggat, Desa Pengengat dan Tumpak, Kecamatan Pujut.

Erna menyebut, dipilihnya empat desa tersebut di atas, karena keempatnya masih kental dengan budaya pernikahan dini. Penanganannya, sebut dia, ialah dengan melibatkan pemerintah desa, tokoh adat, dan tokoh agama. 

Di desa, merekalah yang berperan penting memberikan penjelasan dan pemahaman kepada orang tua yang anaknya melakukan pernikahan dini bahwa; pernikahan dini memiliki resiko terhadap kasus kekerasan rumah tangga, rentan terhadap perceraian, dan bahkan melahirkan bayi stunting.

''Kami diskusi dengan pemerintah daerah, DP2AKB, dan Dinas Pendidikan. Dan, dari mereka kami dipilihkan keempat desa tersebut, karena angka perkawinan anaknya cukup tinggi dan pemerintah desa setempat juga sangat antusias mendukung program kami,'' sebut wanita kelahiran Bima tersebut.

Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri menyambut baik program ini. Menurutnya, program ini akan memberikan dampak yang baik dan positif bagi keluarga dan masyarakat Lombok Tengah.

''Karena itu, kami sampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Rutgers Indonesia dengan Program Power to Youth-nya,'' kata Pathul Bahri. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama