Mahasiswa KKN Universitas Hamzanwadi tanam 200 pohon di Sunrise Land Lombok - OPSINTB.com | News References -->

17/12/22

Mahasiswa KKN Universitas Hamzanwadi tanam 200 pohon di Sunrise Land Lombok

Mahasiswa KKN Universitas Hamzanwadi tanam 200 pohon di Sunrise Land Lombok

 
Mahasiswa KKN Universitas Hamzanwadi tanam 200 pohon di Sunrise Land Lombok

OPSINTB.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, Universitas Hamzanwadi, gelar aksi penanam 200 pohon jenis nangka dan albasia. Kegiatan itu dilaksanakan di wisata Pantai Sunrise Land Lombok, di Dusun Montong Meong, Kecamatan Labuan Haji, Lotim, Sabtu (17/12/2022).

Varietas itu dipilih lantaran keduanya paling sering dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Di lain sisi, keberadaan pohon ini jumlahnya dibilang sudah mulai berkurang.

"Kita tanam 200 pohon tersebut dengan tujuan nantinya bisa di manfaatkan oleh masyarakat sekitar, terutama nangka dan albasian," ucap, Ketua KKN Tematik Universitas Hanzanwadi, Fahrurrozi.

Kegiatan itu disebutnya, menjadi salah satu program dari KKN Tematik yang dijalaninya, yang selama 5 bulan terhitung sejak Agustus kemarin.

Dikatakan, pohon nangka sendiri ditanaminya lantaran melihat pemanfaatannya di masyarakat sangat banyak, khususnya ketika ada acara adat seperti acara gawe (pesta) nikahan masyarakat Lombok.

Dengan adanya nangka di lokasi itu, ia berharap nantinya warga dapat memetik buahnya, dan tak perlu membeli.

Sedangkan pohon jenis albasian, kata dia, dikenal juga dengan anti rayap. Varietas ini dipilih bisa membantu pengembangan wisata di tempat tersebut.

"Khusus pohon albasian, kita tanam agar nantinya bisa membantu masyarakat membangun lapak baru untuk pengembangan wisata, sekaligus juga sebagai kayu bakar untuk masyarakat yang ada," katanya.

Setelah ditanam katanya, ia bersama teman-temanya akan terus merawat pohon tersebut. Agar dapat tumbuh dengan baik dan bisa berguna bagi masyarakat sesuai yang diharapkan.

"Setelah penanaman ini kami akan terus pantau pertumbuhannya, bisa juga sebagai sarana silaturrahmi temen-temen KKN yang ada," tutupnya. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama