Sekda Lotim ingatkan semangat para pahlawan jadi teladan hadapi tantangan global - OPSINTB.com | News References -->

10/11/22

Sekda Lotim ingatkan semangat para pahlawan jadi teladan hadapi tantangan global

Sekda Lotim ingatkan semangat para pahlawan jadi teladan hadapi tantangan global

 
Sekda Lotim ingatkan semangat para pahlawan jadi teladan hadapi tantangan global
Foto : Sekda Lotim, HM Juaini Taofik bertindak sebagai inspektur upacara Peringatan Hari Pahlawan 2022. (Prokopim Lotim)

OPSINTB.com - Upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 tingkat Kabupaten Lombok Timur dipusatkan di halaman kantor bupati setempat, Kamis (10/11/2022).

Bertindak sebagai inspektur upacara, Sekda Kabupaten Lombok Timur, HM Juaini Taofik. Upacara dihadiri Forkopimda, pimpinan OPD, serta para veteran asal Lombok Timur. 

Juani Taofik membacakan amanat Menteri Sosial Tri Risma Harini. Risma mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengingat para pahlawan, terutama semangat dan keikhlasannya berjuang untuk merebut kemerdekaan bangsa. 

Di sisi lain, perjuangan besar bangsa saat ini adalah menaklukkan ancaman dan tantangan seperti pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, kelangkaan pangan, energi dan air bersih.

Ia juga menekankan pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana tersebut, termasuk pandemi Covid–19 serta kelangkaan sumber daya.

Karena itu, pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan harus diteruskan, demikian pula pengembangan sumber pangan berbasis potensi dan kearifan lokal. Demikian pula dengan pengelolaan sumber daya air secara bijak untuk menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang dengan lebih baik.

Peringatan Hari Pahlawan 2022 yang mengangkat tema "Pahlawanku Teladanku" diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. Ini juga menjadi energi positif untuk menghadapi tantangan global.

Diharapkan pula momentum peringatan ini untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain.  

"Mengisi kemerdekaan dan meneladani para pahlawan di antaranya dapat dilakukan pula dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya," seru sekda membacakan amanat Mensos Risma.

Menteri juga mengajak untuk berantas kebodohan, memerangi kemiskinan dan upaya pecah-belah bangsa dan melawan paham radikal, serta menumbuhkembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah.

Selain upacara bendera, peringatan Hari Pahlawan tahun ini juga diisi tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Rinjani dan Dermaga Labuhan Haji. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama