Digital berperan bangkitkan ekonomi UMKM - OPSINTB.com | News References -->

28/11/22

Digital berperan bangkitkan ekonomi UMKM

Digital berperan bangkitkan ekonomi UMKM

 
Digital berperan bangkitkan ekonomi UMKM

OPSINTB.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya menyebut, digitalisasi atau online berperan penting membantu membangkitkan ekonomi para pelaku IKM dan UKM di Lombok Tengah. 

Firman mengatakan, ekonomi berbasis digital atau online sudah tidak dapat terelakkan lagi di zaman modern ini. 

''Sehingga kita masyarakat Lombok Tengah ini bisa berjalan beriringan dengan digitalisasi atau online ini untuk membangkitkan industri IKM dan UKM,'' kata Sekda dalam Pelatihan Penggerak Ekosistem Digital Ekonomi, Smart UMKM Lombok Tengah di Illira Lite Hotel, Senin (28/11/2022).

Dalam pelatihan ini, jumlah peserta yang mengikuti seleksi berjumlah 927 pelaku IKM/UKM. Dalam proses penyaringannya, hingga saat ini tersisa hanya 60 orang peserta. 

Ke-60 peserta tersebut diharapkan menjadi penggerak ekosistem digital atau online. Tidak hanya menggerakkan diri sendiri atau usahanya sendiri, namun harus bisa menularkan pengalaman, pengetahuan, dan penguasaan terkait apa saja yang sudah diperolehnya dalam pelatihan. 

''Sangat diharapkan. Tidak hanya menularkan ilmu, penguasaan, dan pengalaman, tetapi juga bisa memotivasi pelaku UMKM yang lain,'' kata Firman. 

Firman meminta, tidak menjadikan para pelaku UMKM lain menjadi kompetitor atau saingan. Untuk itu, para pelaku UMKM tidak hanya butuh penguasaan ilmu dan pemahaman, tetapi juga semangat, keihklasan, dan kesabaran. 

''Saya yakin kompetensi ini sudah ada dalam diri bapak dan ibu. Tinggal dilaksanakan saja,'' tandasnya. 

Selain daripada itu, keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK) yang dimiliki kabupaten ini juga diharapkannya akan mampu melahirkan entrepreneurship yang tangguh dan mampu berdaya saing di Lombok Tengah dan di daerah lain.

''Kita punya BLK, harapan saya nanti lulusan BLK ini akan melahirkan enterpreneur yang handal,'' pungkas Firman. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama