Dewan Lotim minta eksekutif segera buat Perbup tentang PMI - OPSINTB.com | News References -->

07/11/22

Dewan Lotim minta eksekutif segera buat Perbup tentang PMI

Dewan Lotim minta eksekutif segera buat Perbup tentang PMI

 
Dewan Lotim minta eksekutif segera buat Perbup tentang PMI

OPSINTB.com - Benang kusut buruh Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Kabupaten Lombok Timur, belum juga bisa terurai. Berbagai persoalan terus bermunculan dari perusahaan yang nakal, pencaloan, hingga PMI ilegal.

Melihat hal itu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Timur, meminta agar eksekutif segera menerbitkan Perturan Bupati (Perbup) Lotim tentang perlindungan buruh Pekerja Migran Indonesia (PMI).

"Sudah lama kita buat soal persoalan itu, tapi sampai sekarang, hasil komunikasi kemarin belum dibuatkan Perbupnya," kata Wakil Ketua DPRD Lotim, M Badran Achsyid, ditemui di ruang kerjanya, Senin (7/11/2022).

Lantaran itu, ia memohon agar eksekutif segera membuatkan Perbub. Sebagai aturan pelaksanaan dari Perda nomor 5 tahun 2021 tentang Perlindungan Buruh Migran Indonesia.

Mengingat Lotim adalah penyumbang terbesar kedua pengirim PMI. Dan penyumbang devisa terbanyak untuk NTB. Maka lantaran itu, dirinya meminta agar segera dibuatkan Perbub terkait hal tersebut. 

Perbup disebutnya, merupakan penjabaran dari aturan pelaksanaan dari Perda. Termasuk di dalamnya persoalan perusahaan luar yang beroperasi di Lotim.

"Bila perlu di desa-desa juga dibuatkan aturan sebagai kontrol di desa itu," terangnya.

Ia mengklaim Perda itu bisa menekan angka PMI ilegal. (kin)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama