Bupati Loteng serahkan bantuan stimulan kepada korban angin puting beliung - OPSINTB.com | News References -->

22/11/22

Bupati Loteng serahkan bantuan stimulan kepada korban angin puting beliung

Bupati Loteng serahkan bantuan stimulan kepada korban angin puting beliung

 
Bupati Loteng serahkan bantuan stimulan kepada korban angin puting beliung

OPSINTB.com - Bupati Lombok Tengah (Loteng), H Lalu Pathul Bahri menyerahkan bantuan sembako dan stimulan bahan bangunan kepada korban bencana angin puting beliung di Desa Tibu Sisok, Kecamatan Janapria, Selasa (22/11/2022).

''Ini sebagai bentuk kepedulian Pemda Loteng kepada saudara-saudara kita yang tertimpa musibah puting beliung. Semoga bermanfaat dan dapat mengurangi beban mereka,'' kata Pathul Bahri.

Sebelumnya pada Rabu 16 November lalu terjadi hujan deras dan angin puting beliung yang menyebabkan 35 unit rumah rusak parah di 4 dusun di Desa Tibu Sisok. Selain di Tibu Sisok, angin puting beliung juga menghantam Desa Beleka, Kecamatan Praya Timur yang menyebabkan 9 unit rumah rusak di Dusun Pendagi.

''Dua unit rumah di Desa Beraim, Kecamatan Praya Tengah juga atapnya rusak dan temboknya ambruk,'' terang Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Loteng, Jhon dalam laporannya kepada Bupati Pathul di lokasi penyerahan bantuan.

Ia juga menyampaikan warga yang rumahnya rusak untuk sementara mengungsi ke rumah sanak saudara karena sebagian warga ada yang masih belum memperbaiki atap rumah dan hujan juga masih turun beberapa hari belakangan ini.

''Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,'' ucapnya.

Sementara untuk fasilitas umum yang terkena dampak angin puting beliung, lapak pedagang Pasar Mujur di Kecamatan Praya Timur banyak yang mengalami kerusakan.

Jhon menjelaskan, meski merupakan fenomena alam yang tidak bisa terdeteksi, namun angin puting beliung bisa diantisipasi dengan menghidupkan kembali kearifan lokal.

''Banyak peninggalan nenek moyang Sasak untuk mendeteksi kedatangan puting beliung. Contoh biasanya kalau cuaca panas sekali jelang musim hujan; itu pertanda. Harus hati-hati,'' jelas Jhon. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama