Meski landai, Pemda Loteng tetap gencarkan vaksinasi hewan - OPSINTB.com | News References -->

07/10/22

Meski landai, Pemda Loteng tetap gencarkan vaksinasi hewan

Meski landai, Pemda Loteng tetap gencarkan vaksinasi hewan

 
Meski landai, Pemda Loteng tetap gencarkan vaksinasi hewan

OPSINTB.com - Pemda Lombok Tengah (Loteng) melalui Dinas Pertanian setempat terus menggencarkan vaksinasi untuk hewan ternak. Kepala Dinas Pertanian Loteng, Taufikurrahman Fuan Note menyebut, hingga hari ini jumlah hewan ternak yang sudah divaksin berjumlah 93.591 ekor.

Jumlah tersebut diharapkan akan terus meningkat hingga mencapai 200.000 ekor hingga akhir tahun. "Kita punya target 200.000 ekor sampai Desember. Per hari kita targetkan 2.600 ekor," sebut Taufikurrahman, Rabu (5/10/2022).

Guna mendukung target itu, Dinas Pertanian pun terus meningkatkan jumlah dosis vaksin. Begitupun dengan petugas vaksinasi tetap dikerahkan di masing-masing kecamatan.

"Dosis yang tersedia ini kan 106.900 dosis. Kita nambah terus sekarang," terangnya.

Perihal kasus PMK, ia menjabarkan bahwa sudah tidak ditemukan lagi kasus baru. Meski demikian, pihaknya akan terus waspada mengingat PMK mudah menyebar melalui udara.

"Kalau kasus sudah nol. Cuma kalau PMK ini kan tidak serta merta dia langsung nol itu terus dia tidak ada," ungkapnya.

Lanjutnya, meski PMK sudah dinyatakan landai, namun untuk pembukaan pasar hewan masih tetap dilakukan uji coba sampai bulan November. Ia bersyukur masyarakat sudah mulai paham dengan tidak membawa hewan sakit ke pasar hewan.

"Jadi sampai bulan November itu statusnya sementara. Perkembangan juga cukup baik. Kesadaran pedagang maupun masyarakat untuk tidak membawa hewan sakit ke pasar. Itu artinya kita bisa menyadari untuk sama-sama menghindari resiko," pungkasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama