Lazismu Lotim berhasil pulangkan warga Selong yang hilang di Kalimantan Timur - OPSINTB.com | News References -->

03/10/22

Lazismu Lotim berhasil pulangkan warga Selong yang hilang di Kalimantan Timur

Lazismu Lotim berhasil pulangkan warga Selong yang hilang di Kalimantan Timur

 
Ket foto : Marsamah (Baju Hitam) saat dijemput di Bandara Internasional Lombok.

Foto : Marsamah (baju hitam) saat dijemput Lazismu Lotim di Bandara Internasional Lombok. (nod/opsintb.com)

OPSINTB.com - Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Lombok Timur berhasil membantu memulangkan Marsamah (69), Pria asal Selong, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang hilang di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). 

"Kami LAZISMU Lotim telah berkoordinasi dengan relawan kemanusiaan di Samarinda serta bekerja sama dengan Dinsos dan stakeholder terkait untuk bagaimana membantu memulangkan Marsamah, sehingga alhamdulillah, beliau akhirnya bisa berhasil kami bawa pulang," kata Ketua LAZISMU Lotim, Abdul Gafur Ramdhoni, Minggu (2/10/2022).

Ramdhoni menuturkan, Marsamah menghilang sejak 2021, dan ditemukan di Samarinda dalam kondisi ingatan yang tidak utuh (pikun) serta seringkali diperhatikan beristirahat di Masjid dan warung-warung warga. Sehingga tim kemanusiaan yang melihat hal tersebut langsung berinisiatif untuk membantu beliau.

Awalnya tim kemanusiaan sempat kesulitan dalam membangun komunikasi dengan Marsamah, disebabkan karena kemampuan bahasa yg diketahui oleh Pak Marsamah hanyalah bahasa daerah. Namun setelah mencari tahu dan melihat identitasnya tim langsung bergerak untuk proses lebih lanjut.

"Waktu itu kami dihubungi oleh rekan-rekan relawan Lazismu di wilayah untuk mengkonfirmasi keberadaan bapak Marsamah dengan berbekal KTP, tidak lama dari itu kami bergerak mencari dan langsung menemukan rumah beliau," ungkap pria berkaca mata tersebut.

Pihak keluarga yang merupakan anak kandung Marsamah menerangkan bahwa bapaknya telah menghilang kurang lebih 12 bulan lamanya, dan telah berusaha dicari hingga berniat lapor polisi.

"Bapak menghilang kurang lebih 12 bulan dan sudah kami cari kemana-mana bahkan ini sebetulnya sudah mau lapor polisi agar dibantu mencari bapak," tutur Elina (anak kedua dari Pak Marsamah)

Sementara itu, lanjut Ramdhoni, seluruh proses kepulangan Marsamah didampingi dengan serius mulai dari pembelian tiket hingga tahap pengecekan kesehatan sebagai salah satu syarat perjalanan menggunakan transportasi udara untuk dapat memastikan Marsamah sampai diLombok dengan selamat.

Tidak menunggu waktu lama, setelah berbagi syarat dipenuhi Marsamah berangkat dari Samarinda jam 09:20 dan sampai di Bandara Internasional Lombok jam 17:45 per tanggal 27 September 2022.

Tim Lazismu Lombok Timur juga melakukan penjemputan langsung untuk kemudian diantar dan diserahkan kepada pihak keluarga yang telah menunggu dirumah.

Ramdhoni mengungkapkan pihak keluarga sangat bersyukur Marsamah bisa ditemukan dan dapat difasilitasi kepulangannya. Keluarga pun berharap agar Marsamah dapat kembali beraktivitas seperti biasanya.

"Keluarga (Marsamah) berharap agar marsamah bisa kembali berjualan bensin yang merupakan kegiatan sehari-hari dikampung halaman," ungkapnya. (nod)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama